Survei LSI Strategi, Caleg DPR RI PKS, Sunarji Berpeluang Besar Melenggang ke Senayan Wakili Dapil Jateng X

Survei LSI Strategi, Caleg DPR RI PKS, Sunarji Berpeluang Besar Melenggang ke Senayan Wakili Dapil Jateng X

Hasil Survei LSI Strategi yang menempatkan Caleg DPR RI Dari PKS, Sunarji sebagai caleg yang meraih popularitas tertinggi di Dapil Jateng X-IST -

RADAR PEKALONGAN - Caleg DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sunarji berhasil memuncaki hasil survei elektabilitas yang dilakukan Lembaga Survei Lingkar Strategi Indonesia (LSI Strategi).

Sebelumnya LSI Strategi melakukan survei elektabilitas partai dan caleg DPR RI kepada perwakilan masyarakat di Dapil Jateng X, meliputi Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Batang. 

Dari hasil tersebut, LSI Strategi memastikan popularitas caleg DPR RI, dari nama-nama caleg yang dikenali oleh responden. Dari hasil ini, nama Caleg DPR RI dari Partai PKS, Sunarji meraih popularitas tertinggi dengan prosentase sekitar 22.05 persen. Disusul Yoyok Riyo Sudibyo di posisi kedua dengan 18.18 persen, dan M Hanif Dhakiri di posisi ketiga dengan 13.64 persen. 

Selain itu di antara 7 kandidat Caleg DPR RI dari PKS, lelaki yang dikenal sebagai pelawak ini berhasil mengungguli kandidat lainnya. Hasil ini diperoleh dari pertanyaan "Jika Ibu/Bapak memilih PARTAI PKS, Dari 7 nama calon anggota DPR RI dari PARTAI PKS berikut, mana yang akan Ibu/Bapak pilih?"

“Pertanyaan tersebut dijawab dengan sangat mudah oleh responden. namun ada hal yang cukup mengejutkan dari Survei yang kami lakukan, ternyata munculnya nama baru yang mempunyai elektabilitas tinggi di masyarakat Dapil Jateng,” kata Direktur Survei LSI Strategi, Riko Dwi Suharto saat merilis hasil survei ke media, Rabu (20/9/2023). 

Ia melanjutkan, salah satu nama baru yang muncul adalah Sunarji dari PKS yang mempunyai nilai elektabilitas sebesar 43,48 persen. Disusul Rizal Bawazier  30,43 persen dan Zahidah 4,35 persen. Kemudian belum menjawab 13,4 persen dan tidak jawab 8,70 persen. 

 “Jika elektabilitas caleg yang paling popular di benak masyarakat Jateng X indeksnya bisa dijaga, dipertahankan atau justru ditingkatkan, bukan tidak mungkin Sunarji dari PKS akan lolos ke Senayan dan PKS dapat 1 kursi dari jumlah 7 kursi yang diperebutkan di Dapil X Jawa Tengah,” ujarnya.

Sedangkan untuk elektabilitas dari partai, masyarakat Jateng X menempatkan PDIP di posisi pertama dengan 20.45 persen, disusul PKB 14.09 persen, Gerindra 5.91 persen, PKS 5.23 persen, dan Golkar 2.05 persen. 

Survei LSI Strategi ini dirilis, Rabu (20/9/2023). Survei dilakukan pada 1 hingga 17 September 2023 di 4 Kabupaten Kota di Dapil 10 Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Batang. Jumlah responden survei sebanyak 440 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap atau multistage random sampling.

Margin of error +/- 4,9 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka responden dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Adapun responden yang dipilih berdasarkan jenis kelamin perbandingannya 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan basis Desa mencapai 90 persen dan kelurahan sebesar 10 persen.  (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: