Lupa Matikan Kompor, Rumah Warga Terbekar

Lupa Matikan Kompor, Rumah Warga Terbekar

PADAMKAN API - Petugas Damkar dari Sektor Kaliwungu dan Kabupaten bahu membahu memadamkan api yang membakar rumah warga di Desa Sarirejo, Kaliwungu, Selasa (19/9/2023) malam.-red/sef-

*Gerak Cepat Damkar, 2 Rumah Terselamatkan

KENDAL - Sebuah insiden kebakaran menimpa sebuah rumah milik Faizin di Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu pada Selasa (19/9/2023) malam. Beruntung,  Tim Pemadam kebakaran (Damkar) bergerak cepat untuk memadamkan kobaran api yang mulai merambat ke tetangga, sehingga dua rumah lainnya berhasil diselamatkan.

Kejadian bermula saat warga mendengar teriakan anak kecil minta tolong dapurnya mengalami kebakaran.  Anak tersebut putra Faizin, sang pemilik rumah. Saat itu, kobaran api sudah membumbung di dapur rumah korban.

Merespon kejadian ini, warga berinisiatif melaporkan insiden kebakaran ini ke Pos Damkar Sektor Kaliwungu untuk meminta bantuan penanganan. 

"Berdasarkan informasi dari korban, sebelumnya ada anggota keluarganya yang memasak air menggunakan kompor gas, nanum lalai mematikannya. Tahu-tahu terlihat kobaran api besar dari dapur, kemudian yang bersangkutan keluar meminta tolong kepada warga," ungkap Sapuan, Ketua RT setempat.

Adapun penanganan kebakaran sendiri melibatkan Tim Damkar Sektor Kaliwungu dan Tim Damkar Kabupaten Kendal. Mereka bergerak cepat memadamkan api di rumah milik Faizin di Gang Saroja Desa Sarirejo, Kaliwungu, Kendal. 

Total ada 12 personel Damkar yang diterjunkan ke lokasi kebakaran dengan 2 unit mobil Damkar. Mereka terdiri dari 1 unit mobil dengan 5 personel dari Sektor Kaliwungu dan satu unit mobil Damkar lagi dari kabupaten dengan 7 personelnya.

"Setelah mendapatkan laporan, kami langsung berkoordinasi dengan Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Kendal, 5 personel langsung bergerak menggunakan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran untuk memadamkan api, tak lama kemudian datang bantuan 7 personel dengan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran ikut serta memadamkan api, sehingga api bisa cepat dipadamkan," ujar Aris Siswanto, salah satu petugas Damkar Sektor Kaliwungu.

Dijelaskan Aris, kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun demikian ada 3 rumah yang terdampak kebakaran. Kerusakan terparah dialami rumah korban, karena atapnya hangus terbakar. Sementara 2 rumah lainnya yang berdekatan dengan rumah korban ikut terkena rambatan api, tetapi berhasil dipadamkan sehingga hanya mengalami kerusakan ringan pada atap.

Gerak cepat Tim Damkar pun diapresiasi Ketua RT, Sapuan. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Damkar yang telah bergerak cepat merespon kejadian kebaran di wilayahnya.

"Saya atas nama seluruh warga mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Pemadam Kebakaran Sektor Kaliwungu dan Kabupaten Kendal yang langsung hadir ditengah-tengah kecemasan dan kesulitan warga, karena sudah bergerak cepat memadamkan api, sehingga kobaran api tidak merambat luas ke rumah-rumah warga," ujarnya.

Atas kejadian ini, Sapuan juga mengimbau warganya untuk lebih waspada saat menggunakan kompor gas, terutama tidak lalai saat berurusan dengan api. "Apalagi musimnya sedang panas, kebakaran mudah tersulut dan merembet yang yang lainnya. Intinya semua warga lebih berhati-hati," pesannya. (red/sef)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: