Orang Tua Wajib Tahu! Inilah 7 Kendala yang Sering Dihadapi Anak Saat Ingin Masuk SD

Orang Tua Wajib Tahu! Inilah 7 Kendala yang  Sering Dihadapi Anak Saat Ingin Masuk SD

Inilah kendala yang sering dihadapi anak SD--Freepik.com

Karena itu, orang tua cenderung merasa putus asa, sudah mencoba berkali-kali membujuknya dengan berbagai cara, tetapi dia tetap tidak ingin masuk.  

Ada banyak alasan mengapa anak tidak mau masuk kelas. Misalnya, dia tidak menyukai salah satu temannya di kelas, mungkin posisi duduknya kurang cocok, mungkin gurunya kurang ramah, atau karena ruangannya, atau ada hal lain yang tidak sampai ke anak, oleh karena itu kita tidak perlu marah saat menghadapi hal tersebut.

 Kami menyarankan kepada orang tua untuk mengamati dan menyelidiki penyebabnya dan mencari solusi. Saat anak kamu tidak menangis, dorong dia untuk berbicara dengan santai. 

7. Anak minta ditunggui 

Pad ausia ini, anak-anak cenderung belum mandiri dan masih mengandalkan orang tua. Namun ada hal yang perlu diketahui oleh orang tua, karena biaaanya hal tersebut dikarenakan ada tekanan batin yang dialami anak.

Tekanan ini bisa berasal dari guru, teman, bahkan dari orangtuanya sendiri. Anak-anak yang mendapat pesan keras dari orangtuanya saat hendak berangkat sekolah bisa berdampak kurang bebas bagi anak. 

Misal si ibu berpesan agar selalu memperhatikan saat diajari guru, atau ayah berpesan tidak nakal, tidak ini tidak itu, harus begini, harus begitu, akan membuat anak terlalu banyak beban. Maka hindarilah pesan berlebihan kepada anak. Jadi, berpesanlah yang wajar saja pada anak anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: