Jokowi Fokus Substansi, Prabowo Tampil Orisinal

Jokowi Fokus Substansi, Prabowo Tampil Orisinal

*KPK Titipkan Pertanyaan

Capres 01 Jokowi (Setpres/jawapos)

Hari ini calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto kembali bertemu di panggung debat. Mereka akan beradu ide dan gagasan dalam tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Segmen keempat, saat kedua capres berkesempatan berdebat terbuka, menjadi kunci penguasaan panggung dan materi.

Debat hari ini akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Sejumlah hal baru bakal disajikan. Tujuannya, debat bisa berlangsung lebih menarik. Ide-ide setiap capres juga lebih tergali.

Tim sukses masing-masing sudah menyiapkan amunisi untuk jagoannya. Di kubu capres 01, Jokowi sudah merampungkan simulasi debat. Khususnya untuk menghadapi format debat yang baru.

Capres 02 Prabowo Subianto saat berpidato di hadapan para penyandang disabilitas. (Miftahulhayat/Jawa Pos)

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Tubagus Ace Hasan Syadzily mengungkapkan optimisme kubunya terkait tema debat kedua. "Tema debat yang kedua ini kami katakan Pak Jokowi banget," terangnya setelah diskusi di kawasan Jakarta Pusat kemarin (16/2). Menurut dia, Jokowi sudah membuat banyak kebijakan di bidang infrastruktur, pangan, hingga lingkungan hidup yang prorakyat.

Pada segmen keempat tersebut ada waktu bagi capres leluasa mengutarakan pikiran. Saat itu akan terlihat bagaimana kemampuan capres. Bagaimana cara berargumen maupun menjawab jika ada pertanyaan atas tema yang dibahas. Karena itu, fokus simulasi adalah persiapan di sesi keempat tersebut.

Saat diskusi, menurut Ace, ada satu ciri khas Jokowi. Dia hanya ingin fokus pada substansi materi debat. Bukan lainnya. "Sejak awal Pak Jokowi menyampaikan kepada kami. Jangan menyerang personal. Tapi, seranglah kebijakan dan programnya," tuturnya. Karena itu, gaya Jokowi tidak akan jauh berbeda bila dibandingkan dengan debat pertama.

Dalam simulasi, Jokowi memaparkan ide-idenya di hadapan tim panelis. Kemudian, tim panelis menanyakan berbagai hal yang diprediksi menjadi pertanyaan panelis atau bahkan pihak lawan.

Para panelis yang disiapkan TKN bebas bertanya hal apa pun yang berkaitan dengan tema. Karena itu, bila ternyata nanti pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul dalam debat, Jokowi sudah siap.

Meski demikian, Ace menutup rapat strategi yang disiapkan Jokowi untuk debat nanti. Keterlibatan TKN sebatas memberikan masukan-masukan atas ide besar yang akan disajikan Jokowi.

Persiapan materi dilakukan untuk beberapa hal. Sebagai petahana, tentu yang akan disampaikan adalah apa yang sudah dilakukan selama menjadi presiden. Risikonya memang akan ada kritik dari lawan. Meski demikian, pihaknya menganggap itu sebagai bentuk pertanggungjawaban publik.

Namun, tak berarti Jokowi tidak menyiapkan program untuk melanjutkan kepemimpinannya bila terpilih nanti. Soal energi, misalnya, Jokowi terfokus pada penyediaan energi yang berkeadilan. Kemudian, soal pengelolaan sumber daya alam (SDA), Jokowi akan memaparkan hasil eksplorasi digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

Lingkungan juga begitu. Akan ada sanksi tegas terhadap perusak lingkungan. Untuk pangan, ada dorongan penggunaan teknologi agar sektor tersebut lebih produktif. Juga, soal diversifikasi pangan. Program mengenai infrastruktur dan tata ruang juga disiapkan.

Simulasi juga dilakukan kubu 02. Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 mengungkapkan, simulasi yang dilakukan Prabowo cukup intens. "Setiap Minggu beliau punya acara diskusi oleh Universitas Kebangsaan," terang Juru Bicara BPN Haryyadin Mahardika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: