Belajar Menerima Diri Sendiri dengan Menerapkan 5 Cara Ini

Belajar Menerima Diri Sendiri dengan Menerapkan 5 Cara Ini

Cara belajar menerima diri sendiri -pexels.com-pexels.com

RADARPEKALONGAN - Terkadang ada saat di mana kita merasa kesulitan dengan diri sendiri. Saat itulah kita perlu untuk belajar menerima diri sendiri lho. Supaya nanti dapat terhindar dari hal-hal seperti membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain.

Kamu tahu kan bahwa setiap orang memiliki alur hidup yang berbeda-beda? Tak hanya itu, setiap orang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing lho. Nah tapi sering kali beberapa orang hanya fokus kepada kekurangan dirinya dan fokus kepada kelebihan orang lain.

Pola pikir yang seperti ini lah yang sebaiknya dihindari. Sebab jika dibiarkan maka bisa berujung pada perasan marah, kecewa, menghakimi diri sendiri bahkan bisa berujung trauma lho. Otomatis jika sudah seperti itu mak seseorang akan semakin kesusahan untuk menerima dirinya sendiri.

Padahal kamu diciptakan dengan banyak kelebihan di dalamnya, dan ini nih yang kerap kali dilupakan. Sama padahal dengan orang lain, orang lain yang kamu lihat enak hidupnya, sempurna dan beruntung. Tapi mungkin kamu lupa setiap orang pasti juga punya masalah, ada kekurangan dan lain-lain, sama seperti kamu juga.

BACA JUGA:Apa Itu Self Love? Pentingnya Self Love dan 8 Cara Tepat Menerapkannya

Oleh karena itu sepertinya kamu perlu untuk mulai belajar menerima diri sendiri. Memangnya kenapa harus menerima diri sendiri? Apa manfaatnya untuk kalian, nah lima kualitas di bawah ini adalah jawabannya jika mampu menerima diri sendiri. 

  • Hidup jadi lebih damai dan nyaman
  • Mudah bahagia
  • Lebih percaya diri 
  • Fokus dengan diri sendiri
  • Terhindar dari membanding-bandingkan hidup kamu dengan orang lain

Memang menerima diri sendiri itu terkadang tidak mudah, namun perlu untuk dilakukan supaya kamu tetap bisa hidup tenang dan waras. Adapun cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar menerima diri sendiri adalah sebagai beriku ini ya.

BACA JUGA:Upgrade Tingkat Kesejahteraan Emosional dengan 6 Cara Ini, Buat Kamu Lebih Stabil!

Cara Belajar Menerima Diri Sendiri

1. Kenali kelebihan dan kekurangmu

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengenali kelebihan dan kekurangmu. Nah pada tahap ini kamu bisa nih untuk sedikit flash back ke belakang lho, tapi ingat seperlunya saja.

Maksudnya flash back adalah kamu mencoba untuk mengetahui sumber permasalahanmu. Kira-kira apa dari diri kamu yang kamu sukai dan apa yang sekiranya tidak kamu sukai dan menurut kamu perlu untuk diperbaiki.

Setelah kamu menemukan kedua hal tersebut, coba untuk perlahan-lahan menerimanya terlebih dahulu. Kemudian hal baik yang ada di diri kamu coba kamu pertahankan dan tingkatkan lagi. Sementara itu yg terlihat buruk, coba kamu perbaiki. 

Untuk yang satu ini kamu bisa meminta bantuan orang-orang terdekatmu untuk membantu memberi saran. Dijamin nanti kalau kamu sudah menemukan saran yang terbaik, kamu justru mungkin akan berterima kasih dengan segala kekuranganmu. Sebab lewat kekurangan itu lah kamu belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: