Masalah Self-Esteem Buatmu Merasa Buruk dalam Segala Hal, Ini 3 Contohnya

Masalah Self-Esteem Buatmu Merasa Buruk dalam Segala Hal, Ini 3 Contohnya

Masalah self-esteem yang rendah--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Biasanya, berpikir, “Aku tidak pandai dalam hal apa pun” menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami masalah self-esteem atau harga diri yang rendah atau keraguan pada diri sendiri.

Namun, merupakan hal yang wajar untuk memiliki pemikiran, “Aku tidak pandai dalam hal apa pun,” pada suatu saat dalam hidup. Pikiran-pikiran ini mungkin muncul ketika kamu masih muda dan masih mencoba mencari tahu karier apa yang ingin kamu kejar atau apa tujuan hidupmu yang lebih besar.

Hal ini juga bisa terjadi di kemudian hari, ketika kamu mengubah jalur karier, atau ketika kamu merasa hidupmu tidak ada artinya atau kamu tidak mencapai kehidupan yang bermakna seperti teman-temanmu.

Seperti Apa Rasanya “Aku Tidak Pandai dalam Segala Hal” Karena Masalah Self-Esteem

Merasa tidak pandai dalam segala hal merupakan indikasi bahwa kamu mengalami masalah self-esteem atau sedang rendah diri dan citra diri yang buruk. Seringkali, perasaan rendah diri berkorelasi dengan perasaan cemas dan depresi.

Pikiran negatif tentang diri sendiri dapat berdampak pada kinerja dan pengalamanmu di sekolah dan di tempat kerja, dan bahkan dapat berdampak negatif pada hubungan antarpribadimu.

Mari kita lihat bagaimana pikiran negatif karena masalah self-esteem ini biasanya dialami:

Memainkan Game Perbandingan

Kamu mungkin kesulitan mencapai tujuan hidup, dan mungkin merasa tidak memiliki bakat atau bakat apa pun. Pikiran ini sering muncul ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain.

Kamu mungkin melihat media sosial, atau TV, majalah, dan berita, dan merasa bahwa yang kamu lihat hanyalah orang-orang yang sukses, percaya diri, dan tampaknya telah menemukan tujuan hidupnya.

Berbicara tentang Kegagalan Masa Lalu

Kamu juga dapat melihat daftar caramu memandang diri sendiri sebagai orang yang gagal. Kamu mungkin teringat kembali saat kamu mencoba mengejar minat atau melamar pekerjaan, dan gagal pada suatu saat.

Kamu mungkin memikirkan saat-saat kamu menerima nilai rendah di sekolah, saat-saat kamu diremehkan oleh orang lain, atau saat-saat kamu merasa tidak dihargai.

Ketidakmampuan untuk Mencoba Hal Baru

Kamu mungkin mempertimbangkan untuk mencoba sesuatu yang baru, atau melakukan hobi yang menurutmu mungkin kamu sukai, namun pikiran negatif kemungkinan besar menghalangimu untuk melakukannya.

Kamu mungkin sejenak membayangkan dirimu ahli dalam suatu hal, tetapi kemudian segera memikirkan kemungkinan kegagalanmu.

Selain “Aku tidak pandai dalam hal apa pun”, beberapa pemikiran lain yang mungkin kamu miliki saat ini mungkin mencakup:

·         “Aku tidak punya bakat.”

·         “Aku tidak menarik dan tidak ada yang tertarik pada aku.”

·         “Tidak ada gunanya aku mencoba menjadi baik dalam hal apa pun.”

·         “Semua orang kecuali aku bahagia dan sukses.”

·         “Aku tidak akan pernah pandai di sekolah atau di tempat kerja.”

·         “Tidak ada alasan bagi aku untuk mencoba sesuatu karena aku tidak pandai dalam hal itu.”

·         "Aku gagal."

Penting untuk dipahami bahwa pemikiran seperti ini—bersamaan dengan pemikiran “Aku tidak pandai dalam hal apa pun”—hanyalah itu. Mereka belum tentu mengungkapkan realitas hidupmu.

Ini adalah contoh-contoh pembicaraan diri sendiri yang negatif, dan biasanya melanggengkan siklus pemikiran yang lebih negatif, yang saling bertumpukan.

 

Beberapa perasaan tersebut sangat mungkin menghampiri dirimu ketika kamu sedang menghadapi masalah self-esteem atau berada dalam tingkat harga diri yang rendah. Ini memang wajar, tetapi kamu perlu untuk berusaha agar bisa keluar dari sana. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind