6 Tanda Self-Esteem yang Tinggi, Cari Tahu di Level Mana Harga Dirimu

6 Tanda Self-Esteem yang Tinggi, Cari Tahu di Level Mana Harga Dirimu

Tanda-tanda self-esteem yang tinggi.--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Memiliki harga diri atau self-esteem yang tinggi berarti secara umum menganggap dirimu positif. Ini tidak berarti kamu menyukai segala sesuatu tentang dirimu atau menganggapmu sempurna.

Sebaliknya, bahkan bagi mereka yang memiliki self-esteem yang tinggi, sering kali bersikap kritis terhadap diri sendiri dan memiliki beberapa bagian dari dirimu yang kurang kamu banggakan atau senangi dibandingkan elemen lainnya.

Namun, jika kamu memiliki self-esteem yang tinggi, pikiran-pikiran positif tentang dirimu lebih banyak daripada pikiran-pikiran negatifnya—dan pikiran-pikiran negatif tidak membuatmu mengabaikan nilaimu sebagai pribadi. Self-esteem yang tinggi juga bisa berfluktuasi tergantung keadaan.

Makna Self-Esteem yang Tinggi

Pada dasarnya, self-esteem yang tinggi adalah kerangka berpikir yang memungkinkan kamu merayakan kekuatanmu, menantang kelemahanmu, dan merasa nyaman dengan diri sendiri dan kehidupanmu.

Hal ini memungkinkanmu untuk melihat naik turunnya kehidupan sehari-hari karena, pada intinya, kamu menghargai, memercayai, dan menghormati diri sendiri.

Self-esteem yang tinggi membantumu mengatakan, "Aku mengalami hari yang buruk," misalnya, alih-alih mengatakan, "Kehidupanku buruk."

Self-esteem yang tinggi juga membantumu memahami bahwa segala sesuatu bukan tentangmu, sehingga memungkinkanmu untuk tidak menganggap segala sesuatu secara pribadi dan tidak terlalu reaktif.

Harga diri yang kuat memungkinkanmu melihat melampaui diri sendiri dan merasa yakin akan tempatmu di dunia.

Karakteristik Self-Esteem yang Tinggi

Ciri-ciri self-esteem yang tinggi antara lain:

· Pertahankan dirimu dalam hal yang positif

· Merayakan kekuatanmu dan menantang kelemahanmu

· Menjaga naik turunnya setiap hari dalam perspektif

· Memiliki harga diri dan kepercayaan diri yang kuat

Menariknya, memiliki harga diri yang tinggi tidak selalu sejalan dengan keadaan atau kualitas yang kamu asumsikan secara obyektif berkorelasi dengan perasaan nyaman terhadap diri sendiri.

Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daya tarik fisik tidak memprediksi self-esteem yang tinggi. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa remaja dengan "daya tarik wajah" mempunyai nilai harga diri yang lebih rendah dibandingkan teman sebayanya.

Dengan kata lain, orang yang tampaknya memiliki segalanya—pekerjaan bagus, pasangan romantis, kecantikan, tubuh bugar—mungkin tidak melihatnya seperti itu.

Tanda-tanda Self-Esteem Tinggi

Bagaimana kamu tahu jika kamu memiliki self-esteem yang tinggi? Berikut beberapa tandanya:

· Kamu merasa nyaman mengungkapkan pendapatmu, jika pendapat tersebut berbeda dengan pendapat orang di sekitarmu.

· Kamu yakin dengan kemampuanmu.

· Jangan biarkan tantangan menghambatmu.

· Kamu tidak membiarkan kemunduran mengubah perasaanmu terhadap diri sendiri.

· Kamu memperlakukan diri sendiri dengan cinta dan rasa hormat dibandingkan menyebut diri sendiri atau mendiskreditkan diri sendiri.

· Kamu bersedia menetapkan batasan dengan orang yang tidak menghargai dan menghormatimu.

 

· Itulah bagaimana self-esteem yang tinggi dapat memengaruhi dirimu dan beberapa tanda agar kamu bisa memahami apakah kamu sudah memiliki self-esteem yang baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: verywellmind