Jelajahi Hutan dengan Tim Trabas Kamtibmas, Kapolres Pekalongan Temui Kebakaran Hutan

Jelajahi Hutan dengan Tim Trabas Kamtibmas, Kapolres Pekalongan Temui Kebakaran Hutan

Tim Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan padamkan kebakaran hutan jati di Semampir, Kesesi.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Jelajahi hutan dengan tim trabas kamtibmas, Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi dan tim temui kebakaran hutan di hutan jati di Dukuh Semampir, Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Sabtu siang, 23 September 2023.

Dengan alat seadanya, Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi bersama tim trabas kamtibmas berhasil padamkan sebagian api yang membakat kawasan hutan jati di wilayah Semampir tersebut.

Tim pun langsung koordinasi dengan satgas karhutla untuk datang ke lokasi kebakaran, sehingga kebakaran hutan bisa segera dipadamkan sepenuhnya.

Tim trabas kamtibmas siang itu menjelajahi wilayah hutan di Kecamatan Kesesi. Saat tim melintasi kawasan hutan jati di Dukuh Semampir, Desa Kesesi, yang berbatasan dengan Desa Ujungnegoro, tim melihat kobaran api yang membakar semak dan perdu di kawasan hutan jati. 

Baca juga:Antisipasi Karhutla, Trabas Kamtibmas Jelajah Hutan Digelar Polres Pekalongan

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, mengatakan, kegiatan trabas kamtibmas yang dilakukan bersama anggotanya tersebut bertujuan untuk memantau situasi kamtibmas di wilayah, sekaligus mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Melalui trabas kamtibmas jelajah hutan ini, kita memantau wilayah yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat," terang Kapolres Pekalongan.

Kapolres Pekalongan mengatakan, rombongan trabas kamtibmas dari awal memang mengambil jalur di wilayah Kesesi.

"Dan saat melintas hutan di wilayah Desa Semampir, kami dan tim menjumpai adanya titik api yang cukup besar," ungkapnya.

Baca lagi:Kodim Pekalongan Patroli Motor Trail ke Kawasan Pegunungan untuk Mencegah Karhutla

Ia menjelaskan, lokasi kebakaran berjarak sekitar 6 kilometer dari pemukiman warga. Lokasi itu hanya bisa dijangkau dengan menggunakan motor trail dan jalan kaki saja.

Mendapati peristiwa itu, dengan cepat Kapolres Pekalongan bersama tim berupaya memadamkan api dengan alat seadanya dan menghubungi satgas karhutla untuk merapat ke lokasi.

Dari upaya yang dilakukan Kapolres Pekalongan, tim trabas kamtibmas berhasil memadamkan sebagian dari kebakaran. Namun beberapa titik api masih ada yang belum padam.

"Dengan datangnya bantuan dari satgas karhutla api nanti bisa dipadamkan seluruhnya," ujar Kapolres Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: