Prodi Farmasi UMPP Memperdayakan Masyarakat Lewat Edukasi dan Pembuatan Sediaan Herbal

Prodi Farmasi UMPP Memperdayakan Masyarakat Lewat Edukasi dan Pembuatan Sediaan Herbal

Penyuluhan- Penyuluhan herbal untuk asam urat dan Pelatihan pembuatan sediaan herbal kepada ibu-ibu Aisyiyah Cabang Bligo serta Wali Murid dari TK Aisyiyah Bligo, Kabupaten Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Dosen bersama Mahasiswa dari Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat lewat edukasi dan pembuatan sediaan herbal.

Mengangkat tema Penyuluhan herbal untuk asam urat dan Pelatihan pembuatan sediaan herbal. Dengan mengajak para ibu-ibu Aisyiyah Cabang Bligo serta Wali Murid dari TK Aisyiyah Bligo, Kabupaten Pekalongan, sebagai sasaran kegiatan tersebut yang digelar di TK tersebut, Sabtu (23/9/2023).

Turut hadir tim Dosen pengabdian masyarakat sendiri Yakni apt. Wulan Agustin Ningrum, M.Farm, apt. Urmatul Waznah,S.Si, M.Farm, dan Khusna Santika Rahmasari., M.Sc.

BACA JUGA:ITSNU Pekalongan dan Universitas Pekalongan Bersinergi untuk meningkatkan Keberlanjutan BUMDes Berkah Jaya

Ketua tim pengabdian masyarakat dan penelitian dosen Mahasiswa Prodi Farmasi FIKes Sarjana UMPP, apt. Wulan Agustin Ningrum, mengatakan penggunaan dan cara pengolahan yang benar dari tanaman obat dapat membantu mengobati dan mengurangi masalah kesehatan di dalam masyarakat. Sehingga perlu adanya edukasi terhadap hal tersebut.

"Kagiatan ini merupakan peran kami sebagai perguruan tinggi Prodi Farmasi FIKes UMPP  dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat terkait dengan kurangnya pengetahuan dan pengembangan tumbuhan obat tradisional di lingkungan masyarakat sehingga diperlukan adanya penyuluhan hingga pembuatan sediaan herbal," katanya.

Pada metode pelaksanaan kegiatan tersebut, pihak Prodi Farmasi FIKes UMPP menggunakan teknik penyuluhan, diskusi, tanya jawab hingga pelatihan tentang pembuatan sediaan herbal khusus nya asam urat dengan memanfaatkan tanaman sekitar.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan tersebut masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan kedepannya.

"Berharap masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan dan mampu mengembangkan kreatifitasnya dalam pengolahan obat herbal sehingga mampu menunjang perekonomian masyarakat khususnya ibu-ibu Aisyiyah Cabang Bligo," tandasnya.(Adv/ap3).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: