Komitmen pada Pengembangan Literasi, BPI Raih Penghargaan Pejuang Literasi Seumur Hidup 2023 dari Perpusnas

Komitmen pada Pengembangan Literasi, BPI Raih Penghargaan Pejuang Literasi Seumur Hidup 2023 dari Perpusnas

Senior Manager CSR PT Bhimasena Power Indoensia Bhayu Pamungkas menerima penghargaan sebagai Pejuang Literasi Seumur Hidup 2023 (lifetime achievement) dari Perpustakaan Nasional, yogyakarta 21 September 2023.-istimewa -

YOGYAKARTA – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberi penghargaan pada PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) sebagai Pejuang Literasi Seumur Hidup 2023 atau Lifetime Achievement.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen dan konsistensi Perusahaan dalam  mendorong budaya membaca di masyarakat dalam kurun waktu yang lama.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Perpusnas Republik Indonesia Drs Muhammad Syarif Bondo kepada Senior Manager CSR BPI Bhayu Pamungkas atas inisiatifnya untuk program peduli literasi di The Allana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Kamis 21 September 2023.

Sebelum pada tahun 2018, BPI juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Perusahaan swasta yang sangat peduli dengan dunia literasi, dan Bhayu Pamungkas sebagai Senior Manager CSR BPI juga mendapatkan penghargaan literasi Honorable Mention dari Coca Cola Foundation Indonesia. Penghargaan diberikan karena telah mengembangkan 15 Perpustakaan Desa (Perpusdes) di 15 desa sekitar PLTU Batang

"Upaya mendorong budaya membaca ini merupakan salah satu program CSR unggulan BPI di bidang pendidikan yang diberikan kepada masyarakat sekitar PLTU Batang. Kami juga berterima kasih kepada Perpustakaan Nasional atas penghargaan ini," kata Bhayu Pamungkas usai menerima penghargaan, Kamis 21 September 2023.

Bhayu Pamungkas menjelaskan, PT BPI meyakini bahwa saat ini akses informasi dan pendidikan yang baik adalah salah satu kunci kemajuan masyarakat. Atas dasar itulah, program CSR BPI secara aktif mendorong program literasi yang bersinergi dengan program pemerintah untuk meningkatkan literasi masyarakat.

"Sejak tahun 2016, BPI telah membentuk 28 taman literasi di 28 sekolah di desa sekitar PLTU Batang melalui dukungan dana program tahunan, infrastruktur. Peningkatan kapasitas SDM, fasilitas taman literasi seperti rak buku, meja, kursi, dan bahan Pustaka," terang Bhayu.

Selain itu, lanjut Bhayu, BPI juga mengembangkan program literasi melalui Perpustakaan Desa (Perpusdes), Perpustakaan Mini, dan program literasi lainnya. "Perpusdes binaan CSR BPI termasuk Program PERPUSERU yang merupakan program kemitraan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang, dan Coca Cola Foundation Indonesia. Program dilaksanakan sejak November 2015 dengan total 15 Perpustakaan Desa (Perpusdes) di sekitar Perusahaan, yang hingga kini beroperasi aktif melayani jasa layanan literasi bagi Masyarakat sekitarnya," terangnya.

Bhayu juga menjelaskan guna mengembangkan budaya membaca sejak dini, dan menambah wawasan bagi siswa-siswi sekolah TPA/TPQ, BPI juga mendirikan 33 perpustakaan mini di 33 Taman Pendidikan Quran (TPQ) di 14 desa sekitar perusahaan yang sudah beroperasi melayani para siswanya hingga kini. 

Total bahan Pustaka yang telah didukung oleh BPI sebanyak 45.849 kepada berbagai institusi literasi pada Masyarakat sekitar PLTU Batang.

“Kelancaran dan kesuksesan program CSR BPI tidak lepas dari kerjasama yang baik dengan stakeholder dan mitra BPI. Selain itu, bentuk kemitraan yang baik memungkinkan program dapat dijalankan optimal dengan melibatkan semua pemangku kepentingan," ujarnya.

Bhayu juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi tertinggi kepada seluruh warga Batang, khususnya warga desa terdampak sebagai penerima manfaat utama dari berbagai program CSR BPI. 

"Melalui berbagai program CSR BPI yang telah dijalankan dan akan terus dikembangkan bersama masyarakat, BPI akan memberdayakan, mendukung pertumbuhan masyarakat yang berkelanjutan dan menciptakan kehidupan yang harmonis," tandas Bhayu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: