Bakar Rumput Kering, Hutan Pinus di Petak 87f RPH Kandangserang Terbakar

Bakar Rumput Kering, Hutan Pinus di Petak 87f RPH Kandangserang Terbakar

Warga Desa Luragung bersama Perhutani, Koramil, Polsek, Pemdes dan pihak kecamatan Kandangserang padamkan kebakaran hutan di Desa Luragung.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Diduga akibat ulah manusia tak bertanggung jawab yang membakar rumput kering, hutan pinus di petak 87f RPH Kandangserang, BKPH Paninggaran, Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur terbakar, Senin, 25 September 2023. 

Personel RPH Kandangserang bersama dengan penyadap dibantu masyarakat Desa Luragung, LMDH, Pemerintah Desa Luragung, Babinsa Koramil Kandangserang, Polsek Kandangserang, dan staf kecamatan berhasil memadamkan kebakaran hutan itu. Sehingga kebakaran hutan pinus di wilayah pegunungan ini tak meluas.

Selama satu jam, petugas bersama warga memadamkan kebakaran hutan pinus di Desa Luragung. Api dapat dipadamkan pukul 11.30 WIB. 

Menurut keterangan warga desa setempat, Komar, kebakaran hutan di Desa Luragung ini disebabkan ada orang tak bertanggung jawab membakar rumput kering, namun tak dipantau dengan baik. Sehingga api merembet ke kawasan hutan.

Baca juga:Kebakaran Hutan Pinus di Bukur Pekalongan Kembali Terjadi, Lagi-lagi Gara-gara Puntung Rokok

Baca lagi:300 Warga Dua Desa dan Aparat Gabungan Diterjunkan, Kebakaran Hutan Pinus di Kalijoyo Berhasil Dipadamkan

"Alhamdulillah kebakarannya cepat dipadamkan sehingga tidak meluas," kata dia.

Kebakaran hutan di Kecamatan Kandangserang di hari yang sama terjadi dua kali. Siang hari di Desa Luragung. Malam harinya di Desa Tajur. 

"Semalam ada juga kebakaran di Sikutan arah Desa Tajur. Gombolan di bekas tebangan. Ndak ada pohonnya," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: