Dijamin Anti Ribet, Begini Cara Membuat Pupuk Dari Air Kelapa untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Dengan Subur

Dijamin Anti Ribet, Begini Cara Membuat Pupuk Dari Air Kelapa untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Dengan Subur

Dijamin Anti Ribet, Begini Cara Membuat Pupuk Dari Air Kelapa untuk Tanaman Anggrek Agar Tumbuh Dengan Subur--Freepik

2. Cara Pembuatan

Setelah alat dan bahannya tersedia, langkah berikutnya yaitu dengan membuat pupuk organik cair dari air kelapa.

Berikut ini adalah cara pembuatan pupuk organik cair dari air kelapa yang harus kalian lakukan:

  • Siapkan air kelapa segar yang akan digunakan sebagai pupuk dan masukkan ke dalam jerigen, kemudian tambahkan EM4 sebagai starter bakteri ke dalam jerigen yang telah terisi dengan air kelapa segar.
  • Kalian juga dapat menambahkan bonggol pisang yang sudah dihaluskan atau dipotong kecil-kecil sebelumnya.
  • Tambahkan juga beberapa sendok makan gula pasir sebagai bahan makanan dari mikroorganisme pengurainya.
  • tutup rapat jerigen tersebut selama kurang lebih 15 sampai 20 hari untuk proses fermentasi.
  • Setelah kurang lebih 15 sampai 20 hari atau ketika sudah tercium bau yang menyengat dari dalam jerigen tersebut, berarti pupuk organik cair dari air kelapa telah siap untuk diaplikasikan pada tanaman anggrek.

3. Cara Pengaplikasian

Setelah pupuk organik cair dari air kelapa siap untuk digunakan, berikut ini cara pengaplikasian pupuk organik cair yang dapat kalian lakukan:

  • Campurkan pupuk organik cair dari air kelapa dan air bersih dengan perbandingn 1:5 dan aduk hingga tercampur dengan merata.
  • Siramkan campuran pupuk organik cair tersebut ke area tanah di sekitar media tanamnya secara secukupnya setiap 1 minggu sekali pada pagi hari.
  • Pastikan untuk tidak menyiramnya langsung ke bagian tubuh tanaman anggrek seperti batang, daun dan bunganya karena dapat beresiko membuat tanaman anggrek kelebihan nutrisi.

BACA JUGA:Ketahui Sekarang Juga, Beginilah Cara Membuat Pupuk dari Ampas Kelapa untuk Tanaman Anggrek, Mudah dan Praktis

Perlu diingat bahwa, pupuk organik cair dari air kelapa tidak dapat disimpan terlalu lama, karena nutrisinya akan hilang akibat adanya aktivitas mikroba yang memakan bahan organik yang terkandung di dalam pupuk organik cair tersebut.

Apabila dibiarkan begitu saja, maka pupuk organik cair dari air kelapa tidak lagi dapat menyuburkan tanaman anggrek milik kalian. Jadi saat membuatnya usahakan untuk tidak membuat terlalu banyak, cukup 1 sampai 2 liter saja sudah cukup.

Itulah tadi cara membuat pupuk dari air kelapa untuk tanaman anggrek agar tumbuh dengan subur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: