Wajib Tahu! Inilah 6 Obat Herbal untuk Membantu Menyembuhkan Demam Berdarah

Wajib Tahu! Inilah 6 Obat Herbal untuk Membantu Menyembuhkan Demam Berdarah

obat herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah-ilustrasi obat herbal untuk DBD-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Apa saja ya obat herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah? Ada banyak pertanyaan mengenai apa saja obat herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah.

Sebab demam beradah dengue atau yang biasa dikenal dengan nama DBD bisa menyerang kapan saja dan kepada siapa saja.

DBD ini merupakan penyakit akibat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. DBD ini menyebabkan kadar trombosit tubuh menurun drastis sehingga jumlah sel darah merah menurun.

Hal tersebut tentu sangat berisiko bagi tubuh. Karena penderita dapat mengalami pendarahan dalam yang dapat menyebabkan kehilangan banyak darah.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Insulin untuk Diabetes, Mengatasi Gula Darah dengan Cara Alami

BACA JUGA:Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, 7 Manfaat Minum Teh Daun Ungu, Minuman Ajaib untuk Kesehatanmu

Dalam membantu menyembuhkan atau mencegah DBD ini, banyak masyarakat percaya bahwa minum jus jambu biji dapat menjadi obat herbal untuk penyakit DBD.

Namun tidak hanya jambu biji saja loh, ada beberapa obat herbal yang juga dapat membantu menyembuhkan ataupun mencegah terjangkitnya DBD.

Adapaun obat herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah tersebut adalah sebagai berikut

1. Echinacea

Achinacea merupakan tanaman herbal yang biasa diguanakn untuk mengobati demam dan flu. Jadi, tanaman ini juga dapat menjadi obat herbal untu membantu menyembuhkan demam berdarah.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Ungu untuk Wasir, Solusi Alami untuk Meredakan Gejala Ambeien

BACA JUGA:Mengurangi Noda Kulit Berikut Cara Menggunakan Daun Cocor Bebek untuk Wajah

Menurut penelitian Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, menyebutkan bahwa Echinecea ini dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan.

Kedua zat ini dipercaya sebagai reaksi imun untuk melawan serangan bakteri dan virus. Selain itu, kedua zat ini juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh dapat terlindungi dari berbagai penyakit.

2. Beetroot dan Lemon

Obat herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah yang berikutnya adalah Beetroot dan Lemon.

Dilansir dari “Blodsky”, menyebutkan bahwa beetrot memiliki sifat yang kaya akan antioksidan dan homeostatis dan lemon yang kaya akan kandungan vitamin C, yang terdiri dari asam sitrat dan askorbat.

BACA JUGA:10 Manfaat Rebusan Daun Jambu dan Madu untuk Kesehatan

BACA JUGA:Merawat Gangguan Pernapasan, Ini 5 Manfaat Rebusan Daun Sirih dan Madu untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Nah, kandungan dari kedua bahan inilahyang diyakini mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Cara menkonsumsinya sendiri adalah kalian cukup membuat jus dari kedua bahan tersebut.

3. Bawang Putih

Tahukah kalian selain menjadi bahan penyedap rasa, bawang putih ini juga bermanfaat dalam membantu menyembuhkan demam berdarah loh.

Manfaat ini didapatna dari kandungan tromboksan A2 yang mana dapat mengikat trombosit serta meningkatkan jumlahnya.

Di sini, kalian tidak perlu meminum jus dari bawang putih, karena jus terlalu mainstream untuk dikonsumsi. Kalian hanya perlu menambahkan bawang putih (takaran dilebihkan) ke dalam masakan sehari-hari.

BACA JUGA:Rekomendasi Terbaik Suplemen Vitamin untuk Badan Lemas dan Lesu di Apotek

BACA JUGA:Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan, Meningkatkan Energi dan Mendukung Fungsi Otak

4. Temu Kunci

Temu Kunci yang memiliki nam alatin Beosenbergia Rotunda ini dikenal juga sebagai jahe China. Temu Kunci ini meruapakn tanaman yang dapat dijadiakan sebagai obat herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah dengue.

Hal ini dikarenakan, temu kunci ini memiliki beberapa senyawa yang dapat menghambat protase yang mana merupakan enzim yang dapat memecah protein dan peptida  pada virus dengue.

5. Pare

Siapa yang tidak kenal dengan Pare? Sayuran yang terkenal akan rasanya yang pahit ini ternyata menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya sebagai obat untuk membantu menyembuhkan demam berdarah.

Hal ini dibuktikan dari sebeah penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak metanol dari Pare menunjukkan efek penghambat pada DENV-1.

BACA JUGA:Rekomendasi Buah Kaya Vitamin C untuk Kesehatan Optimal Tubuhmu

BACA JUGA:8 Makanan Kaya Vitamin D yang Wajib Dikonsumsi untuk Kesehatan Tulangmu

6. Ruku-ruku

Obat herbal untuk membantu menyembuhkan demam berdarah yang terakhir adalah ruku-ruku. Bagi masyarakat Jawa, tanaman ini pasti sangat asing, namun tidak dengan masyarakat Minangkabau.

Sebab, daun ruku-rurku ini biasanya diguanakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan gulai minangkabau, karena wanginya yang khas. Selain memiliki wangi yang khas, tanaman ini juga bermanfaat dalam membantu menyembuhkan penyakit DBD.

Penelitian membuktikan bahwa air rebusan dun ruku-ruku bisa bertindah sebagai obat pencegah DBD karena ia memiliki ekstrak metanol yang mana dapat menghambat DENV-1. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: