11 Amalan Ringan untuk Orang Sibuk, Pahalanya Luar Biasa

11 Amalan Ringan untuk Orang Sibuk, Pahalanya Luar Biasa

Ilustrasi orang shalat. Meski sibuk, shalat yang hanya butuh waktu beberapa menit jangan ditinggalkan.-Tangkapan layar freepik.com-

Dalilnya, "Siapa yang shalat Shubuh dan Ashar, maka ia akan masuk surga." (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Mengamalkan Doa Setelah Adzan

Dalilnya, "Siapa yang mengucapkan setelah mendengar adzan: "Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa." (Artinya: aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni." (HR. Muslim).

8. Shalat Rawatib 12 Rakaat Dalam Sehari

Dalilnya, "Barangsiapa mengerjakan shalat sunah dalam sehari-semalam sebanyak 12 rakaat, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga." (HR. Muslim).

9. Shalat Rawatib Dhuhur

Dalilnya, "Barangsiapa menjaga shalat 4 rakaat sebelum Dhuhur dan 4 rakaat sesudahnya, maka Allah mengharamkan neraka baginya." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah).

10. Membaca Ayat Kursi Selesai Shalat

Dalilnya, "Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR. An-Nasai).

11. Shalat Isyraq (Shalat Dhuha di awal waktu)

Dalilnya, "Barangsiapa yang melaksanakan shalat Shubuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh." Beliau pun bersabda, "Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna." (HR. Tirmidzi).

Demikian amalan ringan untuk orang sibuk, baik itu amalan sunah maupun wajib. Semoga bisa menjadi rutinitas kita di tengah kesibukan yang ada. Hanya Allah Ta'ala yang memberi taufik dan hidayah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: