11 Amalan Ringan untuk Orang Sibuk, Pahalanya Luar Biasa

11 Amalan Ringan untuk Orang Sibuk, Pahalanya Luar Biasa

Ilustrasi orang shalat. Meski sibuk, shalat yang hanya butuh waktu beberapa menit jangan ditinggalkan.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Dalam agama Islam, banyak amalan ringan untuk orang sibuk. Ini bisa menjadi amalan rutin bagi muslim yang sangat sibuk bekerja. Namun jangan salah, dari sisi pahala luar biasa. 

Kesibukan setiap orang berbeda-beda. Ada yang punya banyak waktu luang. Ada pula yang sangat sibuk dengan pekerjaannya. Hampir tak ada waktu luang yang dimilikinya.

Namun, sesibuk apapun kita bekerja, luangkan waktu sejenak untuk mengerjakan amalan sunnah. Apalagi amalan yang sifatnya wajib, harus dikerjakan. Bukan sekadar dapat pahala, keberkahan dari amalan-amalan tersebut bisa kita raih.

Banyak amalan ringan yang bisa dikerjakan di sela-sela kesibukan kita dalam bekerja. Tidak memakan waktu lama. Hanya dalam itungan menit selesai dikerjakan. Meski sibuk bekerja tetap bisa mengerjakan amalan ringan seperti shalat sunah wudhu, shalat sunah fajar, dan lainnya.

Baca juga:8 Amalan Ringan Berpahala Besar Sesuai Sunnah

Amalan Ringan untuk Orang Sibuk

Berikut ini amalan ringan untuk orang sibuk seperti dilansir dari laman Rumaysho.com. 

1. Dua Rakaat Shalat Sunah Wudhu

Amalan ringan untuk orang sibuk yang pertama ialah melaksanakan shalat sunah wudhu. Dari Uqbah bin Amir Al-Juhaniy radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga." (HR. Muslim)

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu anhu; ia berkata, "Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini kemudian berdiri melaksanakan dua rakaan dengan tidak mengucapkan pada dirinya, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca lagi:5 Doa Pembuka Rezeki dari Segala Penjuru, Amalan Ringan Hasilkan Berkah Tiada Henti

2. Dua Rakaat Shalat Sunah Fajar (Qabliyah Shubuh)

Dari Aisyah radhiyallahu anha; Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Dua rakaat fajar (shalat sunah qabliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: