Mengenal Leptospirosis, Penyakit yang Ditularkan melalui Kencing Tikus

Mengenal Leptospirosis, Penyakit yang Ditularkan melalui Kencing Tikus

Tikus salah satu hewan perantara penyakit leptospirosis.-Tangkapan layar freepik.com-

Pencegahan Penyakit Leptospirosis

Tindakan pencegahan penting diketahui agar kita tidak terserang penyakit leptospirosis. Pencegahannya meliputi gunakan sarung tangan dan sepatu boots saat membersihkan rumah atau selokan, cuci tangan dengan sabun setelah selesai beraktivitas dan konsumsi air minum yang sudah terjamin kebersihannya.

Pencegahan lainnya, cuci tangan setiap sebelum makan dan setelah kontak dengan hewan, cuci buah dan sayuran dengan air bersih sebelum mengolahnya, jaga kebersihan lingkungan dan pastikan lingkungan rumah bebas dari tikus. 

Upaya lainnya, vaksin hewan peliharaan dan ternak, basmi tikus di rumah atau di kantor, berperilaku hidup bersih dan sehat, yakni menjaga kebersihan diri dan lingkungan, simpan makanan dan minuman dengan baik dan bersihkan dengan desinfektan bagian-bagian rumah, kantor, atau gedung agar terbebas dari bakteri.

Demikian penjelasan tentang penyakit leptospirosis, mulai dari penyebab, faktor risiko, gejala, dan upaya pencegahannya. Dengan mengetahui berbagai hal di atas, diharapkan kita dapat bersiap dan berhati-hati terhadap penyakit leptospirosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: