5 Cara Jitu Membedakan Pleci Dada Putih Jantan dan Betina, Panduan Simpel untuk Pemula!

5 Cara Jitu Membedakan Pleci Dada Putih Jantan dan Betina, Panduan Simpel untuk Pemula!

Berbagai cara membedakan pleci dada putih jantan dan betina-(Foto: pasarburung.top)-

RADARPEKALONGAN - Pastikan kamu memahami cara membedakan pleci dada putih jantan dan betina dulu sebelum memutuskan untuk membelinya ya. Burung pleci dada putih sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia.

Burung ini memiliki suara kicauan yang keras dan merdu. Pleci dada putih juga merupakan burung yang mudah dirawat dan dibudidayakan.

Burung Pleci jenis ini memiliki ciri khas berupa dada berwarna putih ke abu-abuan, punggung berwarna hijau zaitun, dan ring mata berwarna putih solid. Sama seperti Pleci lain, Pleci dada putih juga memiliki tubuh yang berukuran kecil, sekitar 10-12 cm, dengan berat hanya sekitar 10-12 gram.

Burung pleci dada putih merupakan burung pemakan buah-buahan, serangga, dan biji-bijian. Burung satu ini biasanya banyak bisa dijumpai didaerah hutan, semak-semak, dan perkebunan. Pleci dada putih juga merupakan burung yang aktif dan lincah.

Secara Umum, untuk membedakan jenis kelamin pleci dada putih jantan dan betina, kamu bisa melihatnya dari ciri-ciri fisiknya. Berikut ini adalah beberapa cara membedakan pleci dada putih jantan dan betina.

1. Warna bulu

Cara pertama membedakan pleci dada putih jantan dan betina yakni dengan mengamati warna bulunya. Pleci dada putih jantan sendiri biasanya memiliki warna bulu yang lebih cerah dan kontras daripada pleci dada putih betina.

BACA JUGA:Tips Mengatasi Burung Pleci Lemas dan Membulat, Bisa Berbahaya Jika Tidak Langsung Ditangani!

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Strawberry Untuk Burung Pleci, Bikin Bulu Makin Cerah dan Meningkatkan Kualitas Suara!

Pada Pleci dada putih jantan memiliki warna dada yang lebih putih dan bulu pada punggungnya juga lebih hijau ke kunin-kuningan daripada pleci dada putih betina. Namun, warna ini akan sedikit sulit dibedakan saat pleci dada putih masih anakan.

2. Ukuran tubuh

Selain warna bulu yang lebih cerah, pleci dada putih jantan juga biasanya punya ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci dada putih betina.

Pleci dada putih jantan ini umumnya memiliki postur tubuh yang berukuran lebih panjang dan ramping. Ukuran tubuh si jantan juga terlihat lebih padat dan cenderung lebih kecil.

Sedangkan untuk postur tubuh pada Pleci dada putih betina cenderung agak bulat atau terkesan besar dan berisi. Secara postur Pleci dada putih betina terlihat lebih pendek dibanding Pleci dada putih jantan.

Namun, perbedaan ukuran tubuh ini biasanya tidak terlalu signifikan, tetapi tetap dapat terlihat jika kamu mengamatinya dengan seksama atau diletakkan berdampingan.

3. Bentuk kepala

Pleci dada putih jantan biasanya memiliki bentuk kepala yang lebih runcing dan pipi yang lebih menonjol daripada pleci dada putih betina. ini membuat pleci dada putih jantan memiliki bentuk kepala yang terlihat cenderung agak besar dan bulat dibandingkan si betina.

BACA JUGA:5 Tips Manajemen Pemberian Pakan Burung Pleci yang Baik, Lakukan Hal Ini Agar Burung Selalu Sehat!

BACA JUGA:Cara Mengatasi Burung Pleci Lumpuh Mendadak, Pastikan Rawat dengan Cara Ini Agar Kembali Pulih!

Selain itu, jika kita lihat bagian paruhnya, pleci dada putih jantan juga terlihat kasar. Sementara itu, untuk ciri dari pleci dada putih betina bentuk kepalanya terlihat lebih kecil dan terkesan ramping.

Namun perlu kamu ingat, bahwa perbedaan bentuk kepala ini biasanya tidak terlalu jelas, tetapi dapat terlihat jika diperhatikan dengan seksama.

4. Lingkaran di area mata

Sama seperti burung pleci yang lain, ciri khas burung pleci dada putih adalah memiliki lingkaran di area mata. Untuk pleci dada putuh sendiri memiliki linkaran di area mata yang berwarna putih. lingkaran di area mata ini merupakan indikator yang paling akurat untuk membedakan pleci dada putih jantan dan betina.

Cara membedakan pleci dada putih jantan dan betina dengan melihat lingkaran di area mata yakni pada pleci dada putih jantan biasanya memiliki ring mata yang tebal dan terputus-putus. Sedangkan, pada pleci dada putih betina memiliki ring mata yang tebal dan tidak terputus-putus.

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Burung Pleci, Burung Makin Sehat dan Rajin Berkicau!

BACA JUGA:10 Buah-buahan Agar Burung Pleci Cepat Gacor, Kaya Akan Nutrisi dan Manfaat!

5. Tingkah laku dan suara

Pleci dada putih jantan biasanya memiliki tingkah laku yang lebih agresif daripada pleci dada putih betina. Untuk tingkah laku burung jantan sendiri memiiki tingkat laku yang lebih sering berkicau, terutama di pagi hari.

Selain itu, pleci dada putih jantan juga memiliki suara yang terdengar lebih nyaring dan mengkristal jika dibandingkan Pleci dada putih betina.Pleci dada putih jantan biasanya juga memiliki kicauan yang lebih bervariasi daripada pleci dada putih betina.

Sedangkan untuk Pleci dada putih betina biasanya terdengar lebih lirih dan tidak terlalu jernih. Suara pleci dada putih jantan juga lebih merdu dan mudah dilatih.

Nah, itulah dia informasi tentang beberapa cara membedakan pleci dada putih jantan dan betina. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buatmu ya. (Dy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: