7 Cara Merawat Burung Perkutut untuk Pemula, Lakukan Hal Ini Agar Burung Selalu Sehat dan Rajin Berbunyi!

7 Cara Merawat Burung Perkutut untuk Pemula, Lakukan Hal Ini Agar Burung Selalu Sehat dan Rajin Berbunyi!

Langkah-langakah cara merawat burung perkutut untuk pemula-(Foto: Benhil.net)-

RADARPEKALONGAN - Untuk kamu yang baru mulai atau hendak memelihara burung perkutut, ini dia cara merawat burung perkutu untuk pemula yang bisa kamu praktekan.

Burung perkutut sendiri adalah jenis burung yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Burung satu ini memiliki tubuh yang berukuran sedang, sekitar 20-25 cm, dengan bulu berwarna abu-abu dan bergaris hitam. 

Di Indonesia sendiri, burung perkutut merupakan burung yang sangat populer dan sudah menjadi hewan peliharaan sejak dahulu. Banyak orang memelihara burung satu ini karena suara kicauannya yang merdu dan menenangkan.

Burung perkutut juga merupakan burung yang relatif mudah dalam hal perawatan, sehingga membuat burung satu ini cocok untuk pemula. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara merawat burung perkutut untuk pemula.

1. Memilih burung perkutut yang sehat

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum merawat burung perkutut adalah dengan memilih burung perkutut yang sehat.

Burung perkutut yang sehat biasanya memiliki ciri berupa bulu yang rapi dan bersih, matanya tampak cerah, paruhnya bersih dan tidak ada luka, Kemudian pada bagian kakinya nampak kuat dan tidak ada cacat, dan terakhir pastinya terlihat aktif.

BACA JUGA:Jangan Mau Ditipu Pedagang Nakal! Ini Dia Jenis-jenis Burung Perkutut dan Harganya di Pasaran

BACA JUGA:Mitos Burung Perkutut di Masyarakat Indonesia, Bisa Jadi Penjagaan dan Pembawa Keberuntungan!

2. Memberikan sangkar yang nyaman

Cara merawat burung perkutut untuk pemula yang selanjutnya yakni dengan memilih sangkar yang nyaman bagi si burung. Sangkar sendiri merupakan tempat tinggal burung perkutut. Oleh karena itu, penting untuk memberikan sangkar yang nyaman bagi burung perkutut yang kamu pelihara.

Sangkar burung perkutut harus berukuran cukup besar agar burung perkutut dapat bergerak dengan leluasa. Sangkar ini juga harus bersih dan kering agar burung perkutut tidak mudah sakit.

3. Memberikan pakan yang bergizi

Ketiga, hal paling utama tentu saja sudah sewajibnya memberikan pakan kepada burung perkutut yang dipelihara. Pakan ini merupakan salah satu hal terpenting dalam merawat burung perkutut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: