Mitos Burung Perkutut di Masyarakat Indonesia, Bisa Jadi Penjagaan dan Pembawa Keberuntungan!

Mitos Burung Perkutut di Masyarakat Indonesia, Bisa Jadi Penjagaan dan Pembawa Keberuntungan!

Mitos burung perkutut di masyarakat Indonesia-(Foto: selingkar wilis)-

RADARPEKALONGAN - Ada sejumlah mitos burung perkutut di masyarakat Indonesia. burung perkutut sendiri merupakan salah satu jenis burung yang populer di Indonesia. 

Burung yang satu ini memiliki suara yang merdu dan dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. 

Dari dulu burung perkutut selalu dikaitkan dengan sesuatu yang mistis. Indonesia memang kaya dengan budaya dan kepercayaan, setiap daerah mempunyai kepercayaan tentang suatu hal yang beragam.

Salah satunya mitos tentang burung perkutut. Ini lah beberapa mitos yang beredar di masyarakat tentang burung ini. 

kepercayaan tentang burung perkutut

Budaya lahir secara turun temurun begitupula dengan kepercayaan masyarakat akan suatu benda. Salah satunya adalah mitos yang berkaitan dengan burung perkutut.

Banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang burung perkutut, namun mitos yang populer adalah burung perkutut sebagai pembawa keberuntungan. Hal ini karena burung perkutut dianggap membawa energi positif di lingkungannya. 

Selain itu, ada mitos bahwa jika burung perkutut berkicau di sekitar rumah  merupakan pertanda atau petunjuk seperti akan kedatangan tamu, bahkan hal ghaib. 

Burung Perkutut dalam Budaya 

Perkutut juga merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah, seperti Jawa dan Bali, burung perkutut merupakan simbol kesuburan dan cinta.

Selain itu, burung perlutu juga dianggap sebagai lambanjg keberanian, kesetiaan, dan cinta yang tulus. Tidak hanya itu, burung perkutut seringkali diikutkan atau di representasi kan dalam seni baik tari, teater atau seni rupa. Hal ini karena burung perkutut lambang keharmonian dan keindahan.

Penjagaan dan Perlindungan

Kepercayaan masyarakat indonesia yang beragam membuat beberapa daerah dianggap keramat. Oleh karena itu orang yang percaya akan selalu menjaga burung perkutut dengan baik supaya Hal baik dan positif selalu mengiringinya. 

Burung perkutut memang telah memilki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Terlebih bagi pecinta burung kicau, burung ini dapat dijadikan sebagai ajang perlombaan burung yang akhir akhir ini sangat banyak diminati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: