Nona Rara, Kisah Brand Lokal Batik yang Mendunia

Nona Rara, Kisah Brand Lokal Batik yang Mendunia

Ilustrasi batik Nona Rara -Tangkap layar -Shopee

Selain itu, produk batik kami ringan dan awet muda, sehingga tidak hanya dapat digunakan untuk undangan tetapi juga untuk dipakai sehari-hari.  

 Apa kesulitan ketika ingin membuat Nona Rara Batik?

Awalnya Batik Nona Rara masih menjadi sampingan kami, jadi tidak banyak tekanan, kami santai saja dan jalankan bisnisnya, kalaupun tidak laku, kami manfaatkan sendiri.   

Beberapa tahun berkembang, batik Nona Rara cukup menghadapi banyak kesulitan. Kami pertama kali online di jaman berjualan di facebook, saat itu facebook belum diperuntukkan untuk bisnis, namun tiba-tiba akun kami hilang padahal masih ada puluhan transaksi, paginya tiba-tiba hilang tanpa jejak. Dan pada titik ini, kamu perlu bergerak cepat untuk menciptakan ruang online di instagram.  

Berapa produksi bulanan batik Nona Rara saat ini? 

Sekitar 3.000 potong batik diproduksi setiap bulannya. Pandemi kemarin jelas berdampak pada kami juga, tapi ya, ada banyak strategi yang kami terapkan, di awal pandemi, kami juga memiliki mitra baru, HypeFast, yang bergabung dengan kami.  

HypeFast menyediakan tim yang sangat kolaboratif untuk membantu kami bertahan di masa-masa yang sangat sulit seperti saat ini.

Yang penting adalah terus memikirkan segala cara yang mungkin dilakukan agar para penjahit tidak mendapat pekerjaan dan membiarkan para perajin terus membuat kain, serta tetap menerapkan kebijaksanaannya.Sebaliknya Nona Rara sebenarnya tidak hanya bicara soal batik dan pendirinya saja, banyak sekali yang terlibat sehingga kalau kita menyerah pasti banyak yang menyerah.  

BACA JUGA:Sejarah dan Ragam Motif Batik Kudus, Kabarnya Sudah Ada sejak Awal Masuknya Islam di Pulau Jawa

Apakah produk Nona Rara untuk pria dan wanita atau hanya untuk wanita?

Memang, jika melihat nama Nona Rara sebagian besar pelanggan berasumsi bahwa pelanggan kami adalah ibu-ibu, dan semuanya perempuan, namun ketika saya ngobrol dengan mereka, saya sering ditanya, "Apakah ada koleksi yang couple?"   

Untuk saat ini kami berusaha memenuhinya melalui market si ibu-ibu ini tadi yang ingin membelikan pasangannya. Jadi memang untuk saat ini benar-benar belum menyasar kalangan bapak-bapak, tapi memang kita ada beberapa motif yang kita kreasikan untuk kemeja pria, tetapi marketnya masuknya melalui pasangannya atau seragam-seragam kantor.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: