Hadiri Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan, Sekda M Yulian Akbar Ingatkan Bahaya Karhutla

Hadiri Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan, Sekda M Yulian Akbar Ingatkan Bahaya Karhutla

Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar lepas peserta Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Hadiri Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan, Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar ingatkan masyarakat untuk mewaspadai bahaya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Sekda M Yulian Akbar mengatakan, kegiatan trabas bisa digunakan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang akhir-akhir ini begitu marak di Kabupaten Pekalongan. 

Menurutnya, sembari menjelajahi kawasan hutan dengan motor trailnya, peserta trabas bisa melakukan pantauan titik api di kawasan hutan. Selain itu, peserta trabas juga bisa memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar hutan untuk mewaspadai karhutla.

Oleh karena itu, Sekda M Yulian Akbar mengatakan, Pemkab Pekalongan mensupport adanya kegiatan trabas kamtibmas Polres Pekalongan ini. Karena menurutnya selain memberikan wadah bagi komunitas trabas, juga ada kegiatan bakti sosial.

Baca juga:Catur Andriansah Ramaikan Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan, Diikuti 1000 Trabasser Jateng-DIY

“Tak kalah penting adalah adanya sinergitas antara Polres, Pemkab, Kodim serta kecamatan dan desa,” katanya, ditemui disela-sela pelepasan peserta Trabas Kamtibmas Polres Pekalongan di Lapangan Kecamatan Kesesi, Minggu, 1 Oktober 2023.

Menurutnya, trabas kali ini juga sebagai langkah antisipastif terhadap adanya kebakaran yang marak terjadi di musim kemarau seperti saat ini. Apalkagi, musim kemarau ditambah dengan fenomena el nino diprediksi masih panjang.  

"Untuk itu kami mengimbau kepada warga agar mewaspadai kebakaran lahan dan wilayah sekitar hutan. Dan kami juga telah mensiagakan OPD terkait yakni damkar, karena keterbatasan alat kami juga meminta partisipasi masyarakat untuk mengatasi jika sewaktu-waktu ada kebakaran,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi menjelaskan, selain trabas juga ada kegiatan bakti sosial diantaranya pemberian sembako kepada warga yang membutuhkan, bantuan bibit tanaman, pemberian 50 sak semen kepada masjid di Desa Ujungnegoro serta pemeriksaan kesehatan gratis.

Baca lagi:Jelajahi Hutan dengan Tim Trabas Kamtibmas, Kapolres Pekalongan Temui Kebakaran Hutan

Kegiatan ini, kata Kapolres Pekalongan, juga sebagai wahana edukasi kepada warga agar tidak sembarang membakar sampah. Hal itu lantaran saat ini banyak terjadi kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Pekalongan.

“Jika para peserta trabas menemukan adanya kebakaran lahan atau hutan, kami minta untuk turut memadamkan api,” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: