Makna Batik Mega Mendung Asal Cirebon, Busana yang Ramah untuk Setiap Generasinya

Makna Batik Mega Mendung Asal Cirebon, Busana yang Ramah untuk Setiap Generasinya

makna batik mega mendung asal Cirebon-Instagram-doctor_casing_batik

Ternyata, batik ini telah menjadi ikon budaya di daerah Cirebon, Provinsi Jawa Barat loh. Kamu tahu tidak, bahwa batik mega mendung memiliki daya tarik yang luar biasa dan sangat diminati oleh elemen masyarakat hingga berbagai setiap generasi. 

Bagi kalian yang belum menggunakan batik, terutama batik mega mendung ini, sebaiknya boleh dicoba.

3. Corak Awan 

Pola mendung dalam batik mega mendung sering digambarkan sebagai simbol hujan maupun kesuburan. 

Dalam budaya Jawa Barat, hujan menandakan berkah yang sangat dihargai, sebab menghasilkan pertumbuhan tanaman dan kehidupan yang makmur. 

Seakan, batik mega mendung menggambarkan harapan akan kesuburan serta kelimpahan.

4. Corak Biru 

Corak warna biru yang mendominasi dalam batik mega mendung juga memiliki makna yang sangat dalam. 

Warna biru, seringkali dihubungkan dengan kedamaian, kesucian, dan kebijaksanaan. Dalam konteks Batik Mega Mendung,warna biru menciptakan perasaan keteduhan dan ketenangan di tengah ketidakpastian.

5. Filosofi Singkat

Dibalik makna batik mega mendung asal Cirebon tadi, pasti menyimpan filosofi yang lebih luas. Corak pada batik ini mengajarkan tentang pentingnya menerima tantangan dalam hidup.

Sebagaimana awan mendung harus ditempuh sebelum sinar matahari kembali bersinar. Jadi, batik mega mendung juga mengingatkan untuk saling menjaga kekayaan alam dan sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia.

Batik mega mendung merupakan bukti nyata bagaimana seni bisa mengandung makna dan filosofi yang mendalam. Pada setiap helai kainnya, batik mega mendung membawa pesan tentang kelimpahan, kedamaian, dan keteguhan di tengah tantangan. 

Itulah mengapa batik mega mendung bukan hanya karya seni yang indah, melainkan sebuah cerminan budaya dan juga identitas bangsa Indonesia yang kaya akan alamnya yang sangat luas.

Baca Juga: Mengulik Batik Keris, Brand Batik Asli Solo yang Memiliki Istana Galeri Pameran Seperti Museum Tersendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: