Peringati Hari Batik, SMK Yapenda 2 Wiradesa Adakan Batik Competition

Peringati Hari Batik, SMK Yapenda 2 Wiradesa Adakan Batik Competition

--

Banyak cara untuk memperingati Hari Batik Nasional. Mulai dari memakai seragam batik, parade busana sampai pameran hasil lukisan batik. Seperti para pelajar dari SMK Yapenda 2 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan ini, di Hari Batik Nasional ini mereka mengenakan batik saat menjalani kegiatan belajar mengajar. 

Selain itu SMK Yapenda 2 Wiradesa juga menggelar beberapa perlombaan untuk menyemarakkan Peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Diantaranya lomba Fashion show Busana batik, Lomba mewarnai pada galon.

Terlihat para siswa antusias dan menunjukkan kebolehannya dalam Parade lomba fashion show dan juga lomba mewarnai. 

Novan Marum, Waka Kesiswaan, SMK Yapenda 2 Wiradesa menerangkan bahwa Kegiatan bertujuan untuk mengenalkan batik kepada generasi muda karena menurutnya di zaman sekarang generasi muda mulai meninggalkan Warisan budaya, selain itu kegiatan ini juga untuk melatih ketrampilan siswa untuk bekal masa yang akan datang.

“Ini bertujuan untuk mengenalkan dan menjaga batik, Karena Generasi Z sekarang sudah mulai meninggalkan budaya, selain itu untuk melukis untuk mengembangkan jiwa seni karena mungkin bisa di salurkan di kompentensi lain", Ujar Novan, Senin, (2/10/2023).

Selain itu, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan untuk memperingati Hari Batik Nasional. Pelajar SMK Yapenda 2 Wiradesa diwajibkan membuat kreasi-kreasi Batik menghias ruang kelas mereka dengan bahan sampah plastik dan kertas. 

“Harapannya, tahun depan kegiatan ini lebih meriah karena kegiatan ini sudah berlangsung setiap tahun jadi tahun depan insyaallah lebih meriah lagi," Imbuh Novan.

Sementara Rizkia, Salah satu siswi SMK Yapenda 2 Wiradesa, mengaku bahwa Batik merupakan seni yang mengekspresikan dari imajinasi seseorang berupa gambar. Selain itu ia berharap para generasi muda dapat melestarikan batik agar batik tidak hilang ditelan zaman.

"Karena sekarang pengguna batik sudah mulai langka, kita sebagai generasi milenial harus meningkatkan kualitas batik dengan cara fashion show ini dan batik semakin berkembang melambung tinggi," Ujar Rizkia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: