Inspiratifnya Peringatan Maulid Nabi di SDIT Permata Hati Batang, 562 Siswa Berbagi ke Sekitar Usai Acara

Inspiratifnya Peringatan Maulid Nabi di SDIT Permata Hati Batang, 562 Siswa Berbagi ke Sekitar Usai Acara

KHIDMAT - Para siswa menyimak materi sejarah perjuangan Rasulullah Saw dalam peringatan Maulid Nabi di SDIT Permata Hati Batang, Jumat (6/10/2023). Foto: Dok. Istimewa-Akhmad Saefudin-SDIT Permata Hati Batang

RADARPEKALONGAN.ID - Memperingati maulid Nabi Muhammad Saw dengan acara pengajian mungkin sudah umum dilaksanakan di sekolah-sekolah. Tetapi bagaimana kalau siswa tidak hanya ngaji melainkan juga berbagi, inispirasi inilah yang ditularkan dari peringatan maulid Nabi di SDIT Permata Hati Batang, Jumat (6/10/2023).

Maulid Nabi di SDIT Permata Hati ini memang telah menjadi agenda rutin tahunan di setiap bulan Rabiul Awal kalender hijriyah. Tahun ini peringatan Hari Besar Islam ini juga kembali digelar, dan diikuti ratusan warga sekolah, baik siswa, para guru serta karyawan SDIT.

Kali ini, peringatan Maulid Nabi di SDIT Permata Hati dilaksanakan dengan dua kegiatan, yang pertama seperti pada umumnya yakni pengajian untuk mendengarkan Sirah Nabawiyah dari pemateri, dan kedua adalah aksi berbagi makanan kepada warga sekitar. Kegiatan kedua itulah yang terbilang unik dan inspiratif.

Maulid Nabi di SDIT Permata Hati yang Menginspirasi


--Ustadzah Rustiana saat menyampaikan materi tentang perjuangan Rasulullah Saw

Acara peringatan Maulid Nabi di SDIT Permata Hati Batang sendiri dibuka dengan cukup meriah karena penampilan tim rebana yang beranggotakan beberapa siswa dan guru. Setelahnya, acara inti diisi oleh Ustadzah Rustiana yang menyampaikan materi tentang kisah perjuangan Nabi Muhammad Saw. 

Menurut Kepala SDIT Permata Hat, Irwa Arifiana, melalui materi sirah nabawiyah tersebut harapannya para siswa bisa terus meneladani Rasulullah Saw. 

"Tujuannya supaya anak lebih mengenal Nabi Muhammad SAW dari kisah-kisahnya dan harapannya dapat diterapkan oleh siswa SDIT Permata Hati" ungkapnya.

Kurang lebih ada 562 siswa duduk  dengan khidmat di halaman sekolah, menyimak kisah Nabi Muhammad. Terlebih tak hanya monolog, ustadzah Rustiana juga sesekali menyelingi materinya dengan mengajak para siswa menyanyikan lagu kisah rasul akhir zaman tersebut. 

Setelah penyampaian materi berakhir, para siswa tidak lantas pulang. Ya, mereka masih harus mengikuti kegiatan inti lainnya dari peringatan Maulid Nabi di SDIT permata Hati ini, yakni aksi berbagi makanan ke warga sekitar sekolah.


--Salah satu siswa SDIT Permata Hati Batang saat menyerahkan makanan ke tetangga sekitar sekolah. 

"Adanya kegiatan saling berbagi ke warga sekitar SDIT, itu karena kami tidak ingin siswa kami menjadi anak yang acuh dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, kami agendakan sebuah kegiatan yang mengarahkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan warga," terang Irwa Arifiana.

Dalam kesempatan ini, para siswa tidak bergerak sendiri, karena para ustadz ustadzah tetap memberikan pendampingan demi kelancaran tujuan acara. Mereka mendatangi masing-masing rumah warga untuk membagikan jajanan dan makanan. 

"Alhamdulillah, kegiatan saling berbagi ini disambut dengan hangat oleh warga. Anak anak jadi makin semangat bergerak ke rumah-rumah," kata Endang Puspitarini, Waka Kesiswaan SDIT Permata Hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: