Bengkel Motor Alumni Enduro Student Program Ini Omset Bulanannya Mencapai Rp 40 Jutaan

Bengkel Motor Alumni Enduro Student Program Ini Omset Bulanannya Mencapai  Rp 40 Jutaan

Bengkel motor alumni Enduro student program ini omset bulanannya ini mencapai Rp 40 jutaan-istimewa-

Semarang - Alumni Enduro Student Program tahun 2018 asal Kota Semarang, Eko Siswanto saat ini telah memiliki bengkel Berkah Motor yang omset bulanan dari usahanya itu rata - rata mencapai Rp 40 jutaan.

Bengkel yang berada di jalan Pengkol Raya Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang itu didirikan Eko setelah selesai pelatihan dan magang kurang lebih 3 bulan.

"Saya langsung membuka usaha bengkel di dekat rumah. Saat itu lahan masih sewa,  2 tahun kemudian, saya pindahin bengkel ke lokasi yang baru, di lahan sendiri," ungkap Eko Siswanto.

Bengkel Berkah Motor milik Eko tersebut melayani service sepeda motor semua merk, ganti oli, penjualan spare parts. Untuk menambah kenyamanan pelanggan, pihaknya juga menyediakan kopi dan teh gratis.

"Sejak mulai buka usaha bengkel 5 tahun lalu, Berkah Motor selalu mendapat pendampingan dan banyak bantuan dari Pertamina Lubricants. Bantuan diberikan secara bertahap, tidak hanya peralatan bengkel, paket pelumas, laptop dan printer, alat kebersihan, dan branding bengkel, tapi juga pelatihan manajemen untuk pembukuan yang baik," jelas Eko.

Eko menambahkan, dirinya punya 2 mekanik dan bengkelnya mulai buka jam 8 pagi sampai jam 5 sore dengan 6 hari kerja, hari jum'at bengkel libur.  

"Meskipun menemui beragam tantangan, semua bisa dilalui dengan baik, sekarang saya sudah  menikmati hasil dari usaha bengkel ini. Omset bulanan rata - rata Rp 40 jutaan. Penjualan spare parts dan pelumas memberikan kontribusi terbesar untuk omset tersebut," terang pria yang menjalankan usaha bengkelnya dibantu sang istri.

Eko masih memiliki cita - cita yang optimis bisa diwujudkan, yaitu mengembangkan usaha bengkelnya dan juga membuka bengkel baru di lokasi berbeda. 

Tujuannya mulia, dengan membuka bengkel baru, selain untuk menambah pendapatan, tentu juga akan membuka lapangan pekerjaan, khususnya untuk generasi muda.

Program  Enduro Student Program (ESP) yang hadir sejak tahun 2017 sendiri merupakan salah satu wujud nyata kepedulian PT Pertamina Lubricants  anak usaha dari PT Pertamina terhadap generasi muda.

Dengan program tersebut, Pertamina Lubricants ingin membantu menciptakan kemandirian ekonomi bagi individual maupun kelompok generasi muda dalam bidang otomotif, khususnya perbengkelan roda dua.

ESP adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Lubricants yang menyentuh nilai-nilai Creating Shared Value (CSV), bekerja sama dengan SMK untuk mencari peserta pelatihan sebagai siswa binaan. 

ESP terdiri dari rangkain pelatihan, baik teknik maupun non teknik yang diberikan kepada siswa binaan di Balai Latihan Kerja (BLK) setempat. 

Secara keseluruhan, sejak pertama diluncurkan, program ini telah berhasil mencetak lebih dari 125 siswa binaan menjadi entrepreneur muda dan  membuka 83 bengkel ESP sebagai bengkel binaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: