Miliki Cita Rasa Tinggi, Ini Dia 5 Jenis Kopi Robusta yang Paling Diincar!

Miliki Cita Rasa Tinggi, Ini Dia 5 Jenis Kopi Robusta yang Paling Diincar!

Miliki Cita Rasa Tinggi, Ini Dia 5 Jenis Kopi Robusta yang Paling Diincar!--freepik.com

Ciri khas rasa pahit yang kuat ini membuat kopi robusta Toraja tidak jarang dijadikan bahan dasar kopi instan espresso dan campuran kopi lainnya untuk memperkuat rasa.

3. Robusta Jawa

Tidak kalah tersohornya dengan robusta Lampung yang populer hingga mancanegara, kopi robusta Jawa juga terkenal hingga berbagai negara termasuk Eropa. Popularitasnya ini kemudian mampu membuat orang menambahkan embel-embel Java dalam jenis kopi robusta yang satu ini. Lebih tepatnya, para penikmat kopi menyebutnya dengan Java Robusta atau Java Mocha.

Temanggung merupakan daerah penghasil kopi robusta Jawa yang besar dan paling populer. Temanggung memiliki tanah yang subur dan cocok untuk budidaya kopi sehingga dihasilkan kopi dengan cita rasa berkualitas tinggi.

Kopi robusta Jawa ini memiliki aroma rempah yang tipis dengan kekentalan dan keasaman sedang yang seimbang dengan rasanya. Kopi jenis ini tidak begitu kuat, sehingga cocok untuk semua kalangan termasuk kamu yang masih pemula dalam dunia perkopian.

Baca juga 7 Tips Sederhana untuk Menguasai Rasa Percaya Diri di Depan Kamera, Raih Sukses di Dunia Visual

4. Robusta Pupuan

Robusta pupuan merupakan jenis kopi robusta yang berasal dari Pulau Dewata dengan aroma wangi cokelat yang menggoda.

Kopi robusta jenis ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit sebab biji kopinya ditanam di ketinggian sekitar 400 hingga 700 meter di atas permukaan laut yang memiliki cuaca sejuk.

Penanaman kopi jenis ini juga menggunakan metode tanam tumpang sari dengan tanaman kakao atau cokelat. Inilah yang menjadi asal aroma cokelat dari robusta Pupuan Bali Tabanan.

Tidak hanya aroma, cita rasa kopi jenis ini juga memiliki khas cokelat. Dengan keunikannya ini, Kopi Robusta Pupuan sempat memenangkan 3 kejuaraan kopi di tingkat nasional dan 2 kejuaraan tingkat internasional.

5. Robusta Flores

Provinsi Flores juga turut unjuk diri dengan kopi robusta terbaiknya bahkan hingga ke mancanegara termasuk negara-negara di Eropa.

Biasanya, kopi robusta Flores digunakan dalam pengolahan minuman kopi berbasis susu seperti cappuccino, latte, dan macchiato. Ini yang membuat kalangan anak muda sangat menggemari robusta Flores.

Kalau kamu, kopi robusta mana yang menduduki kopi tervaforit versi kamu? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: