Kampung Batik Kauman Kembali Gelar KBAF 2023

 Kampung Batik Kauman Kembali Gelar KBAF 2023

Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman, Husni Mubarok.-Ainul Atho-

KOTA - Paguyuban Kampung Batik Kauman akan kembali menggelar Kauman Batik Art Festival (KBAF) tahun 2023. Event yang mengkolaborasikan antara ekonomi kreatif masyarakat lokal ini berlangsung pada tanggal 19-22 Oktober 2023. Di tahun ini, KBAF mengusung tema “Srawoeng Swaroeng Creative Night”. Ada sejumlah kegiatan menarik yang bisa dikunjungi masyarakat dalam event tersebut, salah satunya adanya stan thrifting batik dengan diskon besar-besaran hingga 50 persen.

Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman Pekalongan, Husni Mubarok menjelaskan, KBAF memang telah rutin digelar setiap tahunnya. Salah satu kegiatan menarik dalam rangkaian KBAF tahun ini adalah adanya thrifting batik. Menurutnya, masyarakat bisa datang ikut meramaikan maupun belanja aneka batik yang di display dengan adanya diskon besar-besaran hingga 50 persen. Husni menyebutkan, pelaksanaan KBAF Tahun 2023 berlangsung pada tanggal 19-22 Oktober 2023 di Kampung Batik Kauman Kota Pekalongan.

“Thrifting batik dilakukan selama KBAF berlangsung. Di mana, di beberapa stan menjajakan aneka ragam batik-batik yang masih baru (bukan bekas) namun batik tersebut sudah tidak serian atau tinggal satu warna atau corak dari produksinya (limited edition) baik itu daster, kemeja, baju, rok batik untuk anak-anak maupun orang dewasa,” terangnya.

Selain dimeriahkan oleh stan thrifting batik, KBAF juga diramaikan dengan 35 stan untuk aneka kuliner dan produk UMKM, pelatihan-pelatihan ekonomi dan kreatif serta edukasi literasi keuangan. Adanya pelaksanaan KBAF ini yang rutin dilaksanakan setiap tahun pada Peringatan Hari Batik Nasional (HBN), diharapkan sebagai upaya menyadarkan masyarakat, bahwa batik bukan hanya sekedar budaya saja, namun harapanya bisa terus di lestarikan dan bisa menyejahterakan perekonomian masyarakat Kota Pekalongan. “Kami harapkan masyarakat Kota Pekalongan maupun luar Kota Pekalongan bisa berbondong-bondong ikut meramaikan dan datang ke event KBAF tahun ini,” pungkasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: