Puasa: Ibadah yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Solusi Alami bagi yang Sedang Diet

Puasa: Ibadah yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Solusi Alami bagi yang Sedang Diet

Ilustrasi berbuka puasa dengan kurma baik untuk tubuh. Puasa ibadah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Puasa adalah bentuk ibadah seorang hamba kepada Tuhannya, untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan. Seperti dalam QS. Al-Baqarah: 183 yang artinya,

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan (juga) kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Selain dari tujuan utama di atas, ternyata puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan metode berpuasa ini juga sudah diadaptasi menjadi rujukan salah satu metode diet yang biasa disebut metode diet intermittent fasting.

Manfaat puasa bagi kesehatan sudah terbukti secara ilmiah. Contoh sederhana dalam dunia kesehatan menyarankan pasien untuk berpuasa sebelum melakukan tindakan medis tertentu.

BACA JUGA:Mengenal Metode Diet Intermittent Fasting, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

BACA JUGA:Minum Air Putih Bikin Kurus? Ini 7 Cara Diet Air Putih yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Namun perlu diperhatikan terkait niat yang dilakukan. Dikutip dari NU online, ketika niat dan tata cara puasa sudah dilakukan sesuai dengan standar fiqih maka puasa tersebut dihukumi sah.

Namun terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait pahala yang didapat ketika puasa diniati murni untuk beribadah lillahi ta'ala, dengan niat yang tercampur dengan maksud lain. Seperti contoh kasus puasa untuk berdiet.

Menurut Imam Al Ghazali ketika niat berpuasa untuk tujuan ibadah lebih dominan maka akan mendapat pahala. Namun jika tujuan puasa untuk diet lebih dominan maka tidak mendapat pahala puasa. 

Jadi jika memang Anda berniat untuk melakukan puasa baik itu puasa Ramadan, maupun puasa sunnah lainnya pastikan niat yang dilakukan semata karena beribadah mengharap ridho Allah. Karena dampak positif puasa bagi kesehatan otomatis akan terasa efeknya.

BACA JUGA:4 Sabun Batang Kolagen Penghilang Flek Hitam, Bikin Kerutan Hilang dan Wajah Glowing di Umur 40 Tahun Ke Atas

Lalu apa saja manfaat puasa bagi kesehatan? Berikut beberapa penjelasan terkait manfaat puasa bagi kesehatan.

1. Detoksifikasi Tubuh

Ketika sedang puasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga tubuh akan terbebas dari racun-racun, dan dapat meningkatkan kinerja organ tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: