Puasa: Ibadah yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Solusi Alami bagi yang Sedang Diet

Puasa: Ibadah yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Solusi Alami bagi yang Sedang Diet

Ilustrasi berbuka puasa dengan kurma baik untuk tubuh. Puasa ibadah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.--Freepik.com

2. Menurunkan Berat Badan

Saat sedang berpuasa, minimal kita akan mengurangi 200 - 500 asupan kalori dalam sehari. Hal ini otomatis akan membantu dalam mengurangi berat badan.

Pada saat berpuasa organ tubuh akan beristirahat dari proses mencerna makanan yang masuk. Dan di waktu puasa inilah tubuh mengubah cadangan lemak yang sudah ada menjadi energi, sehingga tentu akan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

3. Menyembuhkan Penyakit

Puasa dapat menjadi terapi bagi tubuh untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas. Karena saat berpuasa, secara otomatis akan mengurangi asupan-asupan yang perlu dihindari dan tidak baik bagi tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selain dapat menurunkan berat badan, puasa juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan berpuasa akan menstabilkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini akan meningkatkan fungsi jaringan otot, menjaga kesehatan fungsi saraf, dan fungsi organ lainnya.

5. Mengurangi Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Saat sedang berpuasa akan membantu memperbaiki pola dan kebiasaan waktu makan sehingga lebih teratur dan sehat. Hal ini akan membantu tubuh untuk mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah menjadi lebih seimbang.

Nah itu tadi beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Agar kemanfaatan tersebut dapat diperoleh, tentu tetap harus menerapkan pola makan sehat, dan jangan kalap asal makan saat berbuka.

BACA JUGA:Baru Mulai Diet? InI 7 Kebiasaan Sehat saat Diet untuk Pemula Biar Ngga Tersiksa

Ada anjuran menarik yang menyehatkan saat berbuka, yaitu disunnahkan berbuka dengan kurma dan minum air putih. Bukan tanpa sebab, ketika puasa tubuh akan mengalami dehidrasi dan kurang asupan gula.

Konsumsi air putih saat berbuka seketika dapat meredakan dehidrasi, karena sifat air putih yang dapat bekerja dan dicerna tubuh dengan cepat.  Kemudian kurma yang manis merupakan sumber asupan gula alami, untuk memenuhi kadar gula yang terpakai setelah seharian berpuasa.

Selain puasa Ramadan kamu bisa mulai merutinkan puasa-puasa sunnah seperti puasa Senin-Kamis, atau puasa Ayyamul Bidh. Niatkan semata-mata untuk beribadah, meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, dan rasakan efek positif bagi kesehatan tubuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: