4 Perbedaan Mobil Matic dan Manual yang Penting Diketahui Pemula

4 Perbedaan Mobil Matic dan Manual yang Penting Diketahui Pemula

Tuas transmisi Daihatsu Sirion--https://daihatsu.co.id/

RADARPEKALONGAN - Perbedaan mobil matic dan manual menjadi bahasan penting bagi pemula yang baru pertama kali ingin belajar mengemudi mobil ataupun membeli mobil.

Ketika kamu akan belajar mengemudikan mobil atau membeli mobil, tentu akan mengalami banyak pertimbangan sebelum belajar mengemudi atau membeli mobil.

Salah satu hal yang paling kamu pertimbangkan yaitu mengenai apa saja perbedaan antara mobil matic dan manual.

BACA JUGA:Deretan Mobil Manual Terbaik di Indonesia, Ada Mobil Langganan Travel Juga

Seperti yang telah diketahui banyak orang, di pasar otomotif Indonesia terdapat mobil dengan dua jenis sistem transmisi yaitu otomatis dan manual.

Secara fisik, perbedaan antara mobil matic dan manual telah terlihat jelas. Kamu bisa mengetahui perbedaan antara mobil matic dan manual salah satunya jika sudah berada di dalam kabin pengemudi dari mobil tersebut.

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

1. Cara Mengemudi

Perbedaan mobil matic dan manual yang pertama yaitu cara mengemudi. Cara mengemudi antara mobil matic dan manual tentu berbeda.

Hal tersebut karena kedua mobil tersebut ada perbedaan dari segi mesin. Bila kita perhatikan seksama, mobil  matic hanya memiliki pedal gas dan rem.

Namun, berbeda dengan mobil manual yang memiliki tiga pedal, yaitu gas, rem, dan kopling.

Perpindahan gigi pada mobil matic dan manual juga berbeda. Pada mobil manual, perpindahan gigi dilakukan dengan cara menginjak pedal kopling dan mengganti tuas persneling.

Namun, berbeda dengan mobil matic, yang mana perpindahan gigi dilakukan dengan otomatis.

2. Pemakaian Bahan Bakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: