Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan 2023 Resmi Dimulai

Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan 2023 Resmi Dimulai

Kick off Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan 2023 di UIN Gus Dur Pekalongan, Rabu (18/10/2023).-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN - Rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 di Kota Pekalongan resmi dimulai. Ditandai dengan Kick Off Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan 2023 dan Lomba HSN di Auditorium Kampus I UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) pada Rabu (18/10/2023).

Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan 2023 ini digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan bekerja sama dengan Pemkot Pekalongan, Rabithah Mahad Islamiyah NU (RMI NU) Kota Pekalongan, Kantor Kemenag Kota Pekalongan, UIN Gus Dur, Kodim 0710/Pekalongan, dan Polres Pekalongan Kota.

Kick Off Festival Hari Santri Nasional Kota Pekalongan 2023 dan Lomba HSN ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin STP, didampingi Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom SSA.

Turut pula, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Gus Dur Pekalongan Prof. Dr. Maghfur, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky, perwakilan Dandim 0710/Pekalongan dan Kapolres Pekalongan Kota.

BACA JUGA: Lingkungan Ponpes Kuatkan Mental Santri

BACA JUGA:Pentas Seni Santri dan Penampilan Woro Widowati Tutup Rangkaian HSN 2022

Pembukaan acara berlangsung meriah diawali dengan pertunjukan Gerakan Indah Seni Silat Pagar Nusa Kota Pekalongan. Sedangkan Kick Off Festival HSN dibuka secara resmi dengan penabuhan rebana oleh Wali Kota, Wakil Rektor I UIN Gus Dur, Kepala Kankemenag, perwakilan Dandim Pekalongan dan Kapolres Pekalongan Kota, dan ketua panitia.

Wawalkot Salahudin mengungkapkan rasa bangganya karena dunia pesantren saat ini bisa bersanding dengan pendidikan formal yang lain. Hal ini dibuktikan dengan lulusan pesantren sekarang memiliki ijazah yang sah dan diakui untuk melanjutkan pendidikan dijenjang berikutnya. 

Dia menjelaskan bahwa menjadi santri itu membahagiakan karena sesuai janji Allah akan meninggikan derajat orang orang yang berilmu dan melapangkan majelis yaitu termasuk dengan menjadi santri. 

"Menjadi seorang santri harus siap jika dibutuhkan di masyarakat, baik yang menjadi TNI, Polri atau masyarakat sipil, kapanpun negara membutuhkan harus selalu siap," kata Salahudin. 

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional Kota Pekalongan 2023 disemarakkan dengan beragam kegiatan. Acara puncak akan digelar pada Selasa (24/10/2023) di Lapangan Peturen Kota Pekalongan. 

"Terima kasih kepada Pemkot, Kemenag, UIN Gusdur, dan berbagai pihak yang telah mendukung perhelatan HSN yang mana HSN sudah menjadi milik semua. Ini menjadi penyemangat santri untuk terus belajar," kata Muhtarom. 

BACA JUGA:PCNU Temui Wali Kota, Sampaikan 9 Program Unggulan

BACA JUGA:Ribuan Santri Hadiri Maulid Akbar Ponpes Darul Ikhsan Pekalongan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: