Pemkab Optimistis PAD Pariwisata Terlampaui

Pemkab Optimistis PAD Pariwisata Terlampaui

DAMPAK ABRASI - Salah seorang pengunjung menunjuk bangunan di lokasi Pantai Sigandu yang kini sudah terkikis karena abrasi.-Dhia Thufail-

BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang mengatakan hingga awal Oktober 2023 realisasi pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata sudah mencapai Rp2,7 miliar dari target yang ditetapkan Rp3,5 miliar.

"Dengan menyisakan waktu sekitar 2,5 bulan, kami tetap optimistis pencapaian target PAD sektor pariwisata 2023 akan terlampaui," ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang, Yarsono, Selasa (17/10/2023).

Dikatakan Yarsono, setidaknya ada lima objek wisata unggulan yang dimiliki oleh pemkab sebagai destinasi yang layak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Sebanyak lima objek wisata unggulan itu yaitu Pantai Sigandu yang di dalamnya ada Taman Safari Beach, Pantai Ujungnegoro, Pantai Jodo, Waykambang, dan Sikembang. Selain itu, masih ada potensi objek wisata lainnya yang sudah direkomendasi, seperti Agrowisata Pagilaran dan kolam renang Taman Hiburan Rakyat Kramat," katanya.

Yarsono pun menyinggung soal proses pemilihan "Mas dan Mbak 2023". Yarsono mengajak para calon duta wisata yang sedang mengikuti proses pemilihan atau seleksi itu untuk ikut mempromosikan dan mengembangkan sektor pariwisata di daerah itu.

Menurutnya, serangkaian tes awal telah dilakukan pada peserta pemilihan "Mas dan Mbak 2023" oleh panitia, seperti tes tertulis dengan format "computer assisted test" agar penilaian yang dihasilkan tidak dapat dimanipulasi.

"Dari 104 pendaftar yang terseleksi, kini telah disaring menjadi 20 peserta. Para calon duta wisata ini, nantinya kami ajak untuk ikut mempromosikan dan mengembangkan pariwisata yang ada di daerah ini agar menjadi tempat tujuan pengunjung," katanya.

Menurut dia, untuk tahapan berikutnya, 20 calon peserta pemilihan "Mas dan Mbak 2023" juga akan mengikuti tes wawancara seputar kebudayaan, kepariwisataan, kepribadian, dan lainnya.

Kepada 20 peserta yang lolos tes, kata dia, nantinya akan menjalani proses karantina, termasuk mendapatkan pembekalan dan pembinaan secara intensif hingga menjelang acara puncak malam pemilihan "Mas dan Mbak 2023" yang akan diselenggarakan pada 20 November 2023 mendatang. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: