Parpol, Pejabat, dan Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Pekalongan Deklarasi Pemilu Damai

Parpol, Pejabat, dan Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Pekalongan Deklarasi Pemilu Damai

Deklarasi Pemilu Damai di Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Partai politik, penyelenggara negara dan penyelenggara pemilu di Kabupaten Pekalongan melaksanakan deklarasi pemilu damai. Deklarasi ini sebagai sarana integrasi bangsa di Kabupaten Pekalongan.

Deklarasi pemilu damai dilaksanakan saat kirab pemilu damai di halaman parkir depan pendapa rumdin bupati Pekalongan, Kamis sore, 19 Oktober 2023. kirab pemilu damai membawa 18 bendera partai politik peserta Pemilu 2024.

Kirab pemilu damai telah dilepas dari 8 lokasi strategis di Indonesia sejak 14 Februari 2023. Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023, kirab pemilu damai sampai di Kabupaten Pekalongan.

Peserta estafet kirab dari Kabupaten Kendal diterima di halaman parkir pendapa rumdin bupati oleh Wakil Bupati Pekalongan Riswadi, Ketua DPRD Hindun, Sekda M Yulian Akbar, kepala OPD Pemkab Pekalongan, Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Ketua KPU Kabupaten Pekalongan beserta para Komisioner KPU dan Sekretaris KPU Kabupaten Pekalongan, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:Kirab Pemilu 2024 KPU Kabupaten Pekalongan, Yuk Gembira Sambut Pemilu 2024

Setelah diterima di halaman parkir pendapa rumdin bupati, selanjutnya rombongan meneruskan kirab sampai finish di Kantor KPU Kabupaten Pekalongan. Rencananya dari tanggal 20 Oktober hingga 24 Oktober 2023 estafet bendera kirab akan berkeliling ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Hingga tanggal 25 Oktober 2023 nanti, estafet bendera kirab akan dilanjutkan ke Kabupaten Pemalang sampai dengan finish di Jakarta.

Kirab pemilu damai juga dirangkai dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai sebagai sarana integrasi bangsa di Kabupaten Pekalongan oleh seluruh peserta kirab yang diwakili oleh para ketua partai politik di Kabupaten Pekalongan, serta Forkopimda Kabupaten Pekalongan.

Wakil Bupati Pekalongan Riswadi mengungkapkan bahwa suatu kehormatan bagi Kabupaten Pekalongan menjadi bagian dari perjalanan kirab pemilu damai. Acara ini tidak hanya sekadar seremoni, tetapi juga simbol dari keragaman politik di Indonesia. 

Baca lagi:Kirab dan Sosialisasi Pemilu 2024, Ini Ruas Jalan di Kabupaten Pekalongan yang Ditutup Siang Ini

“Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua KPU Kabupaten Kendal beserta rombongan yang telah mengantarkan bendera kirab ini sampai ke Kabupaten Pekalongan,” ungkapnya.

Ia berharap, kirab pemilu damai ini bukan hanya sekadar perpindahan bendera antar wilayah saja, tetapi juga menunjukkan semangat dalam menyambut pesta demokrasi tahun 2024 dan juga menunjukkan kesiapan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dalam pemilu. 

“Pemilu damai adalah bukti nyata bahwa kita dapat berbeda pendapat tanpa harus berkonflik, dan bahwa setiap suara memiliki nilai yang sama dalam membangun masa depan yang lebih baik," tandasnya. 

Pemilu damai juga sebagai cerminan dari kedewasaan dalam mengelola perbedaan. "Mari kita jadikan pemilu 2024 nanti sebagai komitmen kita bersama dalam membangun demokrasi yang kokoh dan damai,” ajak Riswadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: