Ganggu Kesehatan, Ini 5 Waktu Dilarang Minum Kopi yang Harus Kamu Patuhi

Ganggu Kesehatan, Ini 5 Waktu Dilarang Minum Kopi yang Harus Kamu Patuhi

Ganggu Kesehatan, Ini 5 Waktu Dilarang Minum Kopi yang Harus Kamu Patuhi--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa terdapat beberapa waktu dilarang minum kopi. Jika tidak mematuhinya, berbagai risiko kesehatan bisa muncul.

Kopi merupakan minuman populer yang bagi sebagian orang dibutuhkan setiap waktu, baik karena efek menambah energi dan mengusir kantuk, menenangkan, diet, dan lainnya. 

Konsumsi kopi memang memiliki segudang manfaat, tetapi menikmatinya dengan bijak adalah hal yang utama.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan waktu-waktu minum kopi untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Artikel ini akan menyajikan beberapa waktu dilarang minum kopi, di mana melakukan pelanggaran terhadapnya dapat membawamu pada berbagai risiko negatif.

Baca juga Hindari! Ini 5 Bahaya Minum Kopi Sebelum Makan, Jangan Konsumsi saat Perut Kosong

Tepat Setelah Bangun di Pagi Hari

Setelah bangun tidur, tubuh membutuhkan waktu untuk memproses situasi dan beradaptasi dengan proses metabolisme yang akan berjalan di hari tersebut.

Jika kamu minum kopi tepat setelah bangun di pagi hari dan dalam keadaan perut kosong, sistem pencernaanmu belum sepenuhnya aktif.

Akibatnya, kamu bisa berpotensi mengalami peningkatan asam lambung, mengganggu pencernaan, dan menyebabkan ketidakseimbangan energi pada awal hari.

Selain itu, di pagi hari, kadar hormon kortisol atau hormon stres pada tubuh sedang berada di puncaknya. Hormon ini memberikanmu dorongan energi secara alami.

Hal ini membuatmu sedikit mengantuk, tetapi kamu tetap memiliki energi untuk mulai beraktivitas.

Justru, kamu disarankan minum kopi  sekitar pukul 10.00-12.00 ketika kadar kortisol menurun. Dengan demikian, kopi bisa bekerja efektif dalam meningkatkan kesegaran tubuh.

Beberapa Jam Sebelum Waktu Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: