Hindari! Ini 5 Bahaya Minum Kopi Sebelum Makan, Jangan Konsumsi saat Perut Kosong

Hindari! Ini 5 Bahaya Minum Kopi Sebelum Makan, Jangan Konsumsi saat Perut Kosong

Hindari! Ini 5 Bahaya Minum Kopi Sebelum Makan, Jangan Konsumsi Saat Perut Kosong--freepik.com/@stockking

RADARPEKALONGAN — Apakah kamu terbiasa menikmati kopi sebelum makan, terutama di pagi hari dan menjadikannya sebagai pengganti sarapan?

Jika iya, kamu harus mulai berhenti dengan kebiasaan ini, karena minum kopi sebelum makan akan membawamu kepada berbagai dampak negatif.

Meski sekilas tidak masalah dan justru membuatmu mendapatkan pasokan energi yang lebih besar untuk memulai harimu, tetapi ternyata minum kopi sebelum makan merupakan pilihan yang buruk. 

Berbagai kandungan dalam kopi membuatmu lebih fokus, tidak mengantuk, hingga lebih rileks. Itulah yang menjadi alasan mengapa konsumsi pagi di pagi hari menjadi kegiatan favorit, bahkan saat perut kosong.

Mulai sekarang, kamu harus menghentikan kebiasaan ini karena minum kopi sebelum makan bisa menyebabkan risiko kesehatan seperti berikut.

Baca juga Harus Tahu! Ini 5 Cara Menikmati Kopi Hitam untuk Pemula, Tidak Kaget Meski Pahit

Masalah Pencernaan

Kebiasaan minum kopi sebelum makan atau saat perut kosong dapat berpotensi mengakibatkan berbagai gangguan pencernaan mulai dari mulas, mual, maag, bahkan hingga iritasi lambung atau irritable bowel syndrome (IBS)

Sifat kopi yang asam dan rasa pahit yang ditawarkan berperan dalam merangsang produksi asam dalam lambung, yang dalam hal ini asam dipercaya dapat mengiritasi lapisan perut.

Namun, memang belum ada penelitian yang secara tegas menyebutkan hubungan antara minum kopi sebelum makan dengan munculnya masalah pencernaan.

Meski begitu, faktanya bagi orang yang sensitif terhadap kafein, konsumsi kopi dapat menimbulkan gangguan pencernaan entah dikonsumsi setelah makan atau saat perut kosong.

Risiko Dehidrasi

Kopi memiliki efek samping sering buang air kecil, karena kopi menodorong ginjal untuk bekerja dengan lebih aktif. Jika kamu minum kopi sebelum makan, maka potensi dehidrasi akan lebih besar karena kamu tidak mencukupi kebutuhan tubuhmu akan cairan dengan baik.

Gangguan Penyerapan Nutrisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: