Awali Langkah Diet dengan Tepat! Inilah Manfaat Makan Menu Diet Sehat dan Cara Menghitung Kalori dengan Tepat

Awali Langkah Diet dengan Tepat! Inilah Manfaat Makan Menu Diet Sehat dan Cara Menghitung Kalori dengan Tepat

Manfaat Makan Menu Diet Sehat dan Cara Menghitung Kalori dengan Tepat-Image by rawpixel.com on Freepik-

RADARPEKALONGAN - Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi menu diet sehat. Tentunya baik untuk tubuh dalam jangka panjang. Apa saja manfaatnya? Melalui artikel ini akan dibahas mengenai manfaat makan menu diet sehat dan cara menghitung kalori dengan tepat. Simak penjalasan berikut ini.

Jangan berpikiran bahwa diet itu menyiksa, karena menu yang tidak biasa dan terasa tidak enak.  Pasalnya menu diet memang sebaiknya tidak didoreng, sebaliknya menu makanan yang sudah melekat pada diri sebagiab besar digoreng. Selain itu, diet sehat memang mengharuskan untuk  melakukan berbagai aktivitas yang bisa menguras kalori.

Namun demikian, jangan terlena dengan pikiran tersebut. Sebab diet bukan menyiksa diri jika tau cara melakukanya. Pastikan langkah demi langkah yang diambil sesuai dengan tujuan diet Anda, serta dibutuhkan kekonsistenan dalam melakukan tersebut.

Hal pertama yang perlu diketahui oleh Anda yang sedang melakukan diet adalah menghitung berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sebab konsep diet sebenarnya hanya membakat kalori yang lebih banyak daripada jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Hal ini sering disebut dengan defisit kalori.

BACA JUGA:Bingung Milih Menu Diet? Cobain Kuy Menu Diet Karbohidrat untuk 1 Minggu Penuh, Dijamin Tak Bosan

Cara Menghitung Kalori  yang Dibutuhkan Tubuh dengan Tepat

Bagaimana cara menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda? Beikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menemukan berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pertama, mengitung berapa tinggi badan dalam satuan cm dan berat badan dalam satuan kg. Setelah itu, menghitung berat badan ideal dengan rumus Berat Badan Ideal (BBI) = (TB - 100) - (10% dari hasil tinggi badan - 100). Hasil dari perhitungan ini akan menghasilkan angka dnegan satuan BBI adalah kg/m.

Setelah menemukan angka berat badan ideal, maka bisa menghitung Kebutuhan Kalori Basal atau yang disingkat KKB. Cara atau rumus yang digunakan untuk menghitung KKB ini dibedakan dua kategori yakni laki-laki dan perempuan.

Untuk menghitung KKB pada laki-laki yakni rumusnya KKB = 30 kkal x BBI. Sedangkan untuk perempuan yakni KKB = 25 kkal x BBI. Dengan demikian, KKB ini merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh seserang agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Melalui rumus tersebut bisa diketahui bahwa kebutuhan kalori tergantung pada jenis kelamin, berat badan, tinggi badan. Selain itu, kebutuhan kalori juga dipengaruhi oleh aktivitas yang akan dilakukan oleh seseorang, usia dan kondisi fisiknya. 

BACA JUGA:Fakta Dibalik Diet Karbo yang Harus Diketahui, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Jantung

Setelah mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, maka langkah selanjutnya adalah memilih menu sehat untuk diet yang disesuaikan dengan kebutuhna kalori setiap harinya. Mengapa harus denga menu sehat? Sebab diet dengan menu sehat ini sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Manfaat Makan Menu Diet Sehat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: