Inilah 6 Amalan Pembuka Rezeki yang Bisa Umat Islam Amalkan

Inilah 6 Amalan Pembuka Rezeki yang Bisa Umat Islam Amalkan

Inilah amalan yang bisa mendatangkan rezeki-FOTO -Freepik.com

"Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Ibnu Taimiyyah Rahimullah memberikan penjelasan menarik tentang pentingnya ketakwaan. Dia berkata:  

 “Taqwa adalah perbuatan seseorang yang mengikuti Allah berdasarkan cahaya (petunjuk)-Nya karena menghendaki rahmat-Nya, meninggalkan maksiat, takut akan cahaya (petunjuk)-Nya, dan takut akan siksa-Nya. selain dengan menunaikan kewajiban yang diwajibkan oleh Allah dan menjalankan hal-hal yang disunnahkan.” 

 Allah SWT berfirman yang artinya,"Tidaklah seorang hamba mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Aku cintai. Dan hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan sunnah hingga Aku mencintainya.” Inilah hadits shahih yang disebut dengan hadits qudsi diriwayatkan oleh Imam Bukhari." (Majmu’ Al-Fatawa, 10: 433) 5. 

5. Melakukan haji dan umrah

Melakukan haji dan umrah juga termasuk amalan pembuka rezeki bagi umat Islam. Dari Abdullah bin Mas’ud RA, Rasulullah SAW bersabda

,تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ"

Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak." (HR. An-Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1: 387. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan) 

6. Memperbanyak doa minta rezeki

Meningkatkan jumlah doa untuk meminta rezeki adalah salah satu amalan pembuka rezeki , berikut doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, dari hadits Ummu Salamah RA, ia menyatakan:Setiap Rasulullah SAW melakukan salat Subuh, usai salam, beliau membaca do’a sebagai berikut

,اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًاAllahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.Artinya:"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)Selain itu, ada juga doa lainnya dari hadits ‘Ali, Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan doa sebagai berikut,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

 

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.Artinya:"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Demikian 6 amalan pembuka rezeki yang bisa umat Islam amalkan, semoga yang mengamalkannya dapat memperoleh lipahan rezeki yang deras dan yang halalan thoyyiban dan berkah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: