Serupa Tapi Tak Sama! Ini 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Serupa Tapi Tak Sama! Ini 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Serupa Tapi Tak Sama! Ini 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika yang Abai Dikenali--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Robusta dan arabika merupakan dua jenis kopi yang paling populer dan paling banyak digunakan di berbagai gerai kopi di Indonesia. Meski begitu, perbedaan kopi robusta dan arabika kemungkinan besar akan sulit dilihat oleh orang yang cukup pemula dalam dunia perkopian.

Sekilas, kopi ini memang terlihat mirip. Kopi robusta dan arabika sama-sama merupakan jenis kopi roasted atau kopi yang proses pengolahannya melalui pemanggangan sebelum menjadi kopi bubuk yang siap diseduh.

Akan tetapi, jika lebih cermat, kamu dapat menemukan perbedaan kopi robusta dan arabika yang membuat keduanya menjadi jauh berbeda.

Artikel ini akan menyediakanmu perbedaan kopi robusta dan arabika yang paling utama, termasuk aspek botani, rasa, kandungan kafein, dan bagaimana kedua kopi ini digunakan.

Baca juga Belum Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Efektif, Kopi Hijau untuk Diet Justru Berisiko!

Asal dan Botani

Kopi robusta merupakan jenis kopi yang berasal dari Kongo dan terus menyebar hingga kini banyak ditanam di Asia Tenggara dan Afrika Barat.

Pohon kopi robusta memiliki ketahanan yang tinggi terhadap penyakit. Tanaman kopi jenis ini juga bisa tumbuh dengan mudah, terutama di ketinggian antara 200 hingga 800 meter di atas permukaan laut.

Sedangkan kopi arabika awalnya ditemukan di Ethiopia sebelum akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia dan ditanam di berbagai daerah negara di dunia.

Berbeda dengan kopi robusta, pohon kopi jenis ini memeliki kerentanan terhadap penyakit, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Kopi arabika akan lebih berkualitas jika ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 600 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

Kandungan Kafein

Bagi kamu yang membutuhkan asupan kafein tinggi, maka kopi robusta menjadi jawaban bagimu. Kopi jenis ini memiliki kandungan yang tinggi, yakni berkisar antara 1,7 hingga 4 persen.

Perbedaan kopi robusta dan arabika terlihat di sini, di mana kopi arabika memiliki kadar kafein yang lebih rendah yakni berkisar antara 0,8 hingga 1,4 persen saja.

Cita Rasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: