Mengenal Kopi Robusta Lampung, 5 Fakta Kopi Indonesia dengan Karakter Rasa Uniknya

Mengenal Kopi Robusta Lampung, 5 Fakta Kopi Indonesia dengan Karakter Rasa Uniknya

Mengenal Kopi Robusta Lampung, 5 Fakta Kopi Indonesia dengan Karakter Rasa Uniknya--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah di Indonesia dengan komoditas kopi yang terbaik. Salah satu komoditas kopi di provinsi ini adalah jenis kopi robusta Lampung.

Kopi robusta Lampung merupakan jenis kopi di Indonesia yang menjadi penyokong utama pertumbuhan ekonomi di daerah produksinya. Hal ini dikarenakan permintaan atau demand konsumen terhadap Kopi robusta Lampung dapat dikatakan cukup besar.

Nah, kamu penasaran mengapa kopi robusta Lampung ini memiliki daya tarik yang tinggi sehingga banyak diminati? Yuk, baca ulasan tentang jenis kopi yang satu ini yang secara khusus kami sajikan untukmu!

Baca juga Serupa Tapi Tak Sama! Ini 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Karakteristik Kopi Robusta Lampung

Biji kopi robusta yang satu ini dikatakan ditanam di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, karena kopi ini akan tumbuh lebih subur dan sehat di daerah dingin.

Kopi robusta Lampung ini memiliki karakteristik unik berupa teksturnya yang halus dan lembut. Lebih jauh lagi, kopi yang satu ini memiliki aroma khas, yakni seperti cokelat dan rempah-rempah.

Tingkat keasamannya juga cukup ideal sehingga masih aman untuk dikonsumsi, termasuk oleh pemula.

Varian Kopi Robusta Lampung

Terdapat beberapa jenis dari kopi khas Lampung yang satu ini. Jenis yang pertama adalah kopi robusta Lowl yang memiliki ciri khas pemanggangan atau proses roasting yang mutakhir, sehingga dianggap memiliki kualitas yang tinggi.

Selanjutnya ada kopi robusta semut yang namanya diperoleh dari biji kopi yang ukurannya cenderung kecil. Lalu ada kopi robusta lanang atau jantan dengan keunggulannya meningkatkan maskulinitas laki-laki.

Jenis kopi robusta Lampung yang selanjutnya adalah finest robusta dengan cita rasa yang intens dan kaya karena sentuhan aroma rempah-rempah dan cokelat. Dan jenis yang terakhir adalah kopi robusta grade ELB-350 dengan aromanya yang segar.

Kopi Robusta Lampung sebagai Komoditas Ekonomi Daerah

Mengingat populernya jenis kopi yang satu ini, tidak heran jika kopi robusta Lampung menjadi salah satu komoditas ekonomi terbesar di daerahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: