Jangan Minum Kopi saat Haid! Ini 5 Bahaya Konsumsi Kopi Selama Mentruasi yang Memperburuk Kondisimu

Jangan Minum Kopi saat Haid! Ini 5 Bahaya Konsumsi Kopi Selama Mentruasi yang Memperburuk Kondisimu

Jangan Minum Kopi Saat Haid! Ini 5 Bahaya Konsumsi Kopi Selama Mentruasi yang Memperburuk Kondisimu--freepik.com

RADARPEKALONGAN — Jangan minum kopi saat sedang haid! Minum kopi saat haid sama sekali bukan pilihan yang tepat, karena justru akan memperburuk kondisi menstruasimu. Kandungan kafein dalam kopi, terutama kopi hitam, bisa mendorong gejala hingga siklus menstruasi.

Ketika sedang haid atau menstrusasi, hormon dan sensitivitas dalam tubuhmu akan mengalami peningkatan. Itu sebabnya kamu bisa memperoleh berbagai gejala yang mengganggu seperti kram perut, pusing, hingga mual-mual.

Gejala-gejala tersebut dapat bergantung pada apa yang dikonsumsi. Karenanya, wanita memiliki berbagai pantangan konsumsi, termasuk untuk tidak melanggengkan kebiasaan minum kopi saat haid. 

Hal ini karena minum kopi saat haid dapat membawamu pada beberapa kondisi yang buruk selama haid sebagai berikut.

Meski begitu, orang yang tidak terlalu sensitif dengan kafein sangat mungkin tetap bisa minum kopi saat haid asalkan dibatasi, setidaknya cukup 300 mg kafein per hari atau setara dengan satu cangkir kopi.

Baca juga Praktis dan Ekonomis! Ini 6 Rekomendasi Kopi Sachet Terenak untuk Kamu Coba di Rumah

Terganggunya Siklus Haid

Kandungan kafein dalam kopi dapat memengaruhi siklus menstruasi penikmatnya. Peneliti menemukan bahwa minum kopi saat haid dapat memperpendek siklus menstruasi ini pada sebagian perempuan, karena kafein di dalamnya mampu membatasi pembuluh darah dan mengurangi alirannya ke rahim.

Kondisi ini kemudian berpotensi menyebabkan penurunan perdarahan menstruasi dan siklus yang lebih pendek. Selain itu, dapat terjadi pelua variabilitas dan ketidakteraturan waktu haid.

Kram Perut yang Lebih Hebat

Pada dasarnya, kram perut memang merupakan gejala awam dari haid. Namun, minum kopi saat haid dapat memperparah kondisinya, sebab kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Akibatnya, darah yang mengalir ke rahim dapat terhambat, sehingga terjadi ketegangan dan meningkatnya intensitas rasa sakit selama proses peluruhan dinding rahim. Dalam hal ini, minum kopi saat haid juga dapat meningkatkan kadar hormon estrogen.

Perut Kembung dan Tidak Nyaman

Kopi yang bersifat asam akan membuat perut kembung dan berisiko meningkatkan asam lambung. Ketika asam lambung naik, maka berbagai gangguan pencernaan akan muncul, dari sensasi panas di ulu hati, perut terasa penuh, hingga merasa mual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: