Targetkan Naik 1 Digit Peringkat UNBK

Targetkan Naik 1 Digit Peringkat UNBK

*SMP Negeri 4 Pekalongan

AKTIVITAS - Para siswa sedang melakukan kegiatan belajar-mengajar di kelas 9.

KOTA - SMPN 4 Pekalongan menargetkan naik peringkat UNBK 1 digit, dari peringkat ke 10 menjadi ke 9 se Kota Pekalongan. Target tersebut ditetapkan dengan memberikan support penuh baik dari guru, siswa dan wali siswa.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 4 Pekalongan, Sugono, kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020).

Ditambahkan, target tersebut tentunya menjadi komitmen bagi bersama untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan. Ia mengungkapkan saat ini para siswa kelas 9 sudah melalui program-program sukses UN yang direncanakan oleh sekolah, mulai dari jam tambahan pelajaran, try out serta kerjasama yang baik antara guru, siswa serta orang tua.

Untuk jam tambahan belajar, SMPN 4 Pekalongan memiliki dua kelas dengan treatment yang berbeda, yaitu kelas reguler dan kelas khusus. "Kelas reguler diikuti oleh semua siswa kelas 9 dengan total 162 siswa. Sedangkan kelas khusus hanya ada dua kelas dengan maiang-masing kelas berisi 32 siswa," ungkap Gono, sapaan akrabnya.

Kelas khusus yang dimaksudkan adalah kelas tambahan pelajaran yang berasal dari para siswa yang memiliki passion lebih untuk meningkatkan peringkat sekolah. Sehingga dari dua perlakuan itu bisa dijadikan alat ukur evaluasi tingkat keberhasilannya.

"Ibaratnya begini, kalau untuk kelas reguler kita intensive kan latihan untuk mencapai target minimal atau syukur bisa lebih. Nah untuk kelas khusus ini diperuntukkan bagi siswa yang sudah mencapai nilai target minimal dan ditargetkan bisa melebihi nilai target minimal," imbuhnya.

Selain persiapan siswa, sekolah juga mengajak para orang tua siswa untuk bersama-sama mendampingi, membimbing dan memotivasi para putra-putrinya agar lebih fokus dalam belajar. Sehingga kolaborasi antara orang tua, siswa dan guru menjadi satu kesatuan dan memiliki cara pandang, sudut pandang dan jarak pandang yang sama tentang Ujian baik Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional.

"Sosialisasi kepada orang tua kita lakukan diawal tahun pelajaran bahkan satu minggu penuh dari tanggal 3 sd 8 Februari sekolah menghadirkan orang tua bersama putra-putrinya disatu ruang dalam rangka penguatan program sekaligus evaluasi kesiapan ujian. Juga kami sampaikan hasil capaian tryout. Try out ada empat kali, dua dari sekolah dan dua dari kota," jelas Gono.

Pihaknya berharap, bahwa dengan semua program yang sudah direncanakan dan dilakukan, SMPN 4 Pekalongan bisa mendapatkan hasil terbaik sesuai target dan bisa lulus 100 persen dari seluruh jumlah siswa yang ikut. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: