Kenali Jenis dan Fungsi Kopling Motor, Agar Berkendara Jadi Aman

Kenali Jenis dan Fungsi Kopling Motor, Agar Berkendara Jadi Aman

Jenis dan Fungsi Kopling Motor Agar Berkendara Jadi Aman-FOTO-Dok. Astra Honda Motor

Fungsi Kopling pada Motor :

Kopling menjadi bagian dari mesin motor  suatu mekanisme yang menghubungkan dan memutuskan perpindahan tenaga dari poros penggerak ke poros yang digerakkan.

1. Memindahkan tenaga dari poros engkol ke transmisi.

2. Memutuskan hubungan poros engkol dengan transmisi ketika akan pindah gigi.

3. Menghubungkan kembali poros engkol dan transmisi secara perlahan sejalan dengan peningkatan tenaga mesin.

 

Kopling selip.

Banyak calon pembeli motor jaman sekarang yang memilih serba otomatis, termasuk soal pemilihan jenis-jenis kopling. Namun masih banyak pula yang menyukai kopling manual dengan alasan lebih bertenaga, mudah perawatannya dan awet.  

Apapun pilihannya, pengguna motor harus lebih memahami fungsi kopling berdasarkan jenisnya agar bisa melakukan penggunaan dan perawatan yang seusai.

 

"Jika sekali waktu kopling motormu bermasalah  sebaknya  lakukan segera perawatan ditangani  oleh tenaga ahli. Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal", kata Hery Suryo.

Dan ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: