Armada Lama Sudah Uzur, Damkar Batang akan Tambah Satu Unit Mobil Pemadam Kebakaran

Armada Lama Sudah Uzur, Damkar Batang akan Tambah Satu Unit Mobil Pemadam Kebakaran

Satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Batang tengah menangani kebakaran di pasar Limpung belum lama ini.-istimewa -

RADARPEKALONGAN - Untuk mempercepat penanganan kebakaran di wilayah Kabupaten Batang, jumlah armada mobil pemadam kebakaran yang ada akan ditambah satu unit.

Selain itu, 4 unit mobil Damkar yang saat ini ada juga akan diperbaiki seluruhnya, sehingga bisa maksimal saat digunakan bila terjadi musibah kebakaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP dan Damkar Pemkab Batang, Ulul Azmi mengungkapkan, tahun depan akan dilakukan penambahan satu unit mobil pemadam baru, sehingga jumlah total ada 5 unit.

"Alhamdulillah tahun depan kita mendapat alokasi anggaran untuk membeli satu unit mobil damkar baru, serta anggaran untuk perbaikan armada yang saat ini ada," ungkap Ulul Azmi ketika dikonfirmasi, Selasa 24 Oktober 2023.

BACA JUGA:Armada Damkar Sudah Uzur, Bentuk Barisan Relawan Pemadam Kebakaran

BACA JUGA:Kondisi Armada Mobil Pemadam Kebakaran Pemkab Batang Dinilai Sudah Uzur

Ulul menjelaskan, saat ini Unit Damkar memiliki 4 unit armada. Dua unit berada di pos induk yang ada di Kecamatan Batang, satu unit di pos Bandar dan satu lainnya di pos Limpung.

"4 unit itu terdiri dari 3 unit berkapasitas 3 ribu liter dan satu unit 6 liter. Untun armada baru sendiri nantinya akan memiliki kapasitas 3 ribu unit dan akan ditempatkan di pos induk di Batang Kota," jelas Ulul Azmi.

Selain unit baru, 4 armada Damkar yang lama juga akan diperbaiki, sehingga bisa berfungsi secara optimal. Mengingat saat ini usia mobil tersebut sudah cukup tua, bahkan ada yang buatan tahun 2002 lalu atau berusia 21 tahun.

"Untuk armada lama, paling tua buatan tahun 2002 dan ada juga yang buatan tahun 2012. Kondisi tersebut tentunya butuh perawatan serta pemeliharaan, dan hal itu akan kita lakukan tahun ini," jelasnya.

Disisi lain, untuk personil petugas pemadam kebakaran sendiri saat ini ada sekitar 60 personil. Jumlah tersebut dianggap masih mencukupi, termasuk dengan adanya tambahan satu unit mobil Damkar baru.

"Personil mencukupi, dan dengan adanya tambahan armada baru, diharapkan penanganan kebakaran bisa lebih optimal," tandas Ulul Azmi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: