Cara Mengatur Pola Makan saat Diet yang Aman untuk Usia Remaja

Cara Mengatur Pola Makan saat Diet yang Aman untuk Usia Remaja

Ilustrasi bawa bekal makanan sehat ke sekolah, cara mengatur pola makan sehat untuk remaja.-Freepik.com-

Selain sedang mengalami masa pertumbuhan yang signifikan yang butuh nutrisi lengkap, para remaja juga biasanya memiliki aktivitas yang padat baik akademik, maupun non akademik yang memerlukan energi dari makanan yang dikonsumsi.

1. Sarapan Pagi

Di usia remaja penting untuk menyempatkan sarapan di pagi hari sebelum berangkat sekolah. Sarapan sebagai sumber energi dan nutrisi untuk bekal beraktivitas seharian.

Untuk menu sarapan di pagi hari dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein. Protein sebagai sumber energi dan membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh, kandungan serat yang tinggi pada menu sarapan akan membuat perut kenyang lebih lama.

Rekomendasi menu sarapan yang sehat sebelum berangkat sekolah seperti roti gandum dengan susu, atau omelete sayur dengan daging.

2. Makan Siang

Agar santap makan siang masih dengan menu yang sehat kamu bisa membawa bekal makan siang dan snack dari rumah. Menu makanan yang bagus untuk bekal makan siang adalah yang mengandung nutrisi lengkap meliputi protein, karbohidrat kompleks serat, dan lemak baik.

Sebagai pengganti asupan energi dan nutrisi yang sudah banyak terpakai dari aktivitas pagi ke siang hari. Kamu juga bisa membawa snack sehat seperti biskuit rendah kalori atau buah-buahan untuk mengatasi lapar ketika belum masuk jam makan siang.

3. Snack Time

Snack time biasanya dilakukan 3 jam setelah makan siang. Untuk pilihan snack setelah makan siang bisa lebih fleksibel.

Bisa tetap mengkonsumsi makanan sehat seperti smoothie atau jus buah. Namun kamu masih boleh mengkonsumsi makanan lain seperti ice cream, siomay, atau makanan ringan seperti keripik.

Hal ini bertujuan untuk menghindari stres karena adanya pembatasan konsumsi makanan di usia remaja. Yang penting, agar tidak merusak program penurunan berat badan, konsumsi dalam porsi secukupnya jangan terlalu berlebihan.

4. Makan Malam

Waktu maksimal makan malam yang baik adalah 3 jam sebelum tidur. Tidak dianjurkan makan malam mendekati waktu tidur karena akan meningkatkan kadar gula darah tubuh.

Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh saat makan malam. Karena akan memicu terjadinya penumpukan lemak lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: