Inilah Doa Agar Terhindar Dari Hutang, Amalkan Setiap Hari Agar Hidup Selalu Merasa Cukup

Inilah Doa Agar Terhindar Dari Hutang, Amalkan Setiap Hari Agar Hidup Selalu Merasa Cukup

Inilah Doa Agar Terhindar Dari Hutang, Amalkan Setiap Hari Agar Hidup Selalu Merasa Cukup-NU Online-Youtube

RADARPEKALONGAN - Ternyata ada lho doa agar terhindar dari hutang yang dapat kalian amalkan secara rutin agar terhindar dari hutang dan selalu merasa dicukupkan oleh Allah SWT.

Hukum utang piutang memang diperbolehkan dalam ajaran agama Islam asalkan tidak mengandung unsur riba di dalamnya. utang piutang dengan menggunakan uang atau barang hukumnya boleh, namun dengan perjanjian bahwa peminjam wajib mengembalikannya secara utuh.

Hal tersebut selaras dengan hadits Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah r.a yang berbunyi: "Siapa saja yang meminjam harta orang lain dengan niat mengembalikannya, niscaya Allah SWT akan melunasi hutangnya. Namun, siapa saja yang meminjam harta orang lan untuk dia habiskan, maka Allah SWT akan memusnahkannya." (HR. Bukhari dan Ibn Majah).

BACA JUGA:Begini Bacaan Tasbih Malaikat Agar Rezeki Melimpah, Amalkan Setiap Hari dan Rasakan Perbedaannya

Dalam hadits lain dijelaskan bahwa utang adalah salah satu perkara yang terjadi di dunia namun akibatnta akan dibawa sampai ke akhirat. Hal tersebut juga tertuang dalam sebuah hadits yang berbunyi:

"Barangsiapa yang meninggal dalam keadaan masih punya hutang, maka kelak (di hari kiamat) tidak ada dinar dan dirham untuk melunasinya. Tetapi yang ada hanyalah kebaikan atau keburukan (untuk melunasinya)." (HR. Ibnu Majah no. 2414, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 537).

Dari hadits-hadits di atas menegaskan bahwa orang yang masih memiliki hutang diwajibkan untuk melunasinya. Namun, jika ternyata seseorang masih memiliki hutang dan ajalnya telah tiba, maka keluarganyalah yang memiliki kewajiban untuk melunasi hutangnya.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita sebagai umat muslim sebaiknya selalu bersykur kepada Allah SWT dan selalu merasa cukup agar terhindar dari yang namanya hutang.

BACA JUGA:Segera Panjatkan Doa dengan Tulus Jika tercium Bau Ini di Rumah, Inilah Tanda Malaikat Rezeki Datang ke Rumah

Doa Agar Terhindar Dari Hutang dan Selalu Merasa Dicukupkan

Dikutip dari buku "Ada Orang Utang" karangan Ammi Nur Baits, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan doa agar terhindar dari hutang dan doa agar selalu merasa dicukupkan.

1. Doa Agar Terhindar Dari Hutang 

Doa agar terhindar dari hutang yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: