10 Obat Alami Bibir Pecah-Pecah, Dijamin Bikin Bibir Lembab dan Sehat

10 Obat Alami Bibir Pecah-Pecah, Dijamin Bikin Bibir Lembab dan Sehat

Obat Alami Bibir Pecah-Pecah--freepik

RADARPEKALONGAN - Inilah daftar obat alami bibir pecah-pecah yang efektif membuat bibir kembali lembab, lembut dan sehat. Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat.

Apakah kamu sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Hal ini cukup umum dialami oleh banyak orang.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, salah satunya adalah kurangnya nutrisi, cuaca dan kebiasaan menjilat bibir. Kamu bisa mengonsumsi beberapa obat alami untuk bibir pecah-pecah dibawah ini.

BACA JUGA:Inilah 7 Obat Bibir Pecah-pecah di Apotek, Bikin Bibir Sehat dan Mulus

BACA JUGA:Terbukti Ampuh! Inilah 5 Produk Obat Peninggi Badan Terbaikdi Dunia yang Aman dan Sudah Teruji Klinis

Obat Alami Bibir Pecah-Pecah

Meskipun cukup mudah untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan lip balm. Namun, ada baiknya jika kamu mencoba bahan-bahan alami seperti berikut ini:

1. Gula Pasir

Langkah eksfoliasi merupakan hal yang sering dilupakan saat merawat bibir. Kamu bisa menghaluskan gula dengan sendok agar butiran gula tidak terlalu kasar.

Campurkan gula dengan madu dan gosokkan pada bibir. Lakukan hal ini 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

2. Lidah buaya

Lidah buaya tidak pernah absen dalam bahan alami yang dapat mengatasi berbagai kondisi kulit termasuk bibir pecah-pecah. Bahan alami ini memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Kamu bisa membelah daun lidah buaya dan menyimpan lendirnya dalam sebuah wadah. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada bibir sebelum tidur dan bilas di pagi hari.

3. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang sangat berguna saat mengalami bibir pecah-pecah. Madu dapat memberikan kelembapan dan menyembuhkan bibir pecah-pecah secara perlahan. Tidak hanya melembapkan, madu juga berfungsi sebagai eksfoliator ringan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir.

BACA JUGA:Kalian Wajib Tahu! Tips Memakai Lipstik yang Baik Supaya Tetap Lembab dan Tahan Lama Gak Bikin Bibir Kering

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu mengoleskan madu dengan menggunakan tangan atau cotton buds sebanyak satu hingga dua kali sehari.

4. Tomat

Tomat merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi bibir kering, gelap dan pecah-pecah.  Kandungan vitamin C dalam tomat merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan sel-sel kulit yang rusak dan membantu meremajakan bibir. Cukup haluskan tomat dan oleskan pasta selama 15 menit lalu bilas.

5. Mentimun

Mentimun memiliki banyak kandungan yang dapat membantu menyembuhkan dan membantu bibir tetap terhidrasi. Efek hidrasi ini dapat mengatasi bibir pecah-pecah.

6. Cocoa Butter

Cocoa butter mengandung vitamin A dan vitamin E yang dapat menutrisi kulit. Cukup oleskan pada bibir dan diamkan selama lima hingga sepuluh menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki banyak manfaat seperti antioksidan, antiinflamasi, dan fotoprotektif pada kulit. Teh hijau dapat menenangkan sensasi terbakar pada bibir yang pecah-pecah. Caranya, seduh teh hijau dengan air panas dan diamkan selama beberapa saat.

8. Air Lemon

Air lemon berfungsi sebagai exfoliant yang membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Selain menyembuhkan bibir pecah-pecah, lemon juga dapat mencerahkan bibir yang menghitam. Kamu dapat menggunakan lemon pada bibir sebagai masker.

9. Minyak Almond

Minyak almond kaya akan antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C yang dapat melembabkan kulit termasuk bibir. Kamu bisa mencampurkan minyak almond dengan madu sebagai lip balm alami.

10. Minum Air Putih

Asupan air tentu akan mempengaruhi tingkat kelembaban bibir. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Pastikan kamu mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter setiap harinya.

BACA JUGA:10 Obat Penghilang Rasa Kantuk Selain Kopi yang Efektif Membuat Mata Segar

Itulah beberapa obat alami bibir pecah-pecah yang mudah didapatkan. Untuk mengatasinya, bahan alami mana yang akan kamu coba terlebih dahulu? Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: