Praktis Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Jenis Latihan Angkat Beban Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Praktis Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Jenis Latihan Angkat Beban Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Ilustrasi gerakan angkat beban yang mudah bisa dilakukan di rumah untuk menurunkan berat badan.n-stocking/Freepik.com-

Ulangi gerakan yang sama dengan mengangkat kaki secara bergantian. Gerakan ini berfungsi untuk menguatkan otot bagian bawah.

2. Dumbbell Shoulder Press

Seperti namanya gerakan ini memerlukan alat berupa dumbbell. Yang akan melatih otot bagian bahu.

Untuk pemula gunakan berat yang ringan mulai dari 1 kg pada masing-masing tangan. Jika sudah terbiasa kamu bisa mulai menambah beban dumbbell ke 2 sampai 3 kg.

Kamu bisa melakukan dengan posisi duduk atau berdiri. Pegang dumbbell di masing-masing tangan dengan telapak tangan menghadap ke arah depan.

Setelah posisi nyaman, kamu bisa perlahan mengangkat tangan ke atas sampai lurus sempurna. Lalu perlahan kembalikan lagi tangan ke posisi awal, dan ulangi beberapa hingga beberapa kali repetisi.

3. Dumbbell Overhead Triceps Extension

Seperti namanya, gerakan ini fokus kepada otot trisep. Fungsinya hampir sama ketika kita melakukan push up. Yang bisa membentuk otot lengan tangan.

Cara melakukannya dengan posisi berdiri sambil memegang dumbbell ukuran 1 atau 2 kg pada masing-masing tangan. Angkat tangan sampai posisi tegak lurus ke atas, lalu perlahan tarik dumbbell ke belakang leher. Beri jeda sebentar, dan kemudian kembali ke posisi awal.

4. Dumbbell Chest Fly

Gerakan ini berfokus pada latihan otot dada. Dimulai dengan mengambil posisi duduk, lalu tubuh dibaringkan ke belakang.

Pegang dumbbell berukuran 1 sampai 2 kg di masing-masing tangan, bentangkan tangan, kemudian dorong lengan lurus ke atas, dengan masing-masing telapak tangan berhadapan.

Beri jeda sebentar, kemudian turunkan lagi perlahan ke posisi awal.

Itu tadi 4 gerakan latihan angkat beban yang mudah untuk dilakukan oleh pemula, dan praktis bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kamu hanya perlu menyiapkan dumbbell, mulai dari ukuran yang ringan yaitu 1 sampai 2 kg. Jika tidak ada dumbbell, kamu juga bisa menggunakan botol diisi air sebagai beban latihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: