Sudah Tahu Belum, Inilah Merk Mobil Buatan Indonesia, Keren Lho!

Sudah Tahu Belum, Inilah Merk Mobil Buatan Indonesia, Keren Lho!

Mobil Esemka--Instagram

RADARPEKALONGAN – Meskipun saat ini merk mobil di Indonesia didominasi oleh pabrikan Jepang, Korea dan Eropa, namun ternyata ada lho merk mobil buatan Indonesia.

Salah satu merk mobil buatan Indonesia yang terkenal adalah Timor, namun ternyata selain Timor masih banyak lagi merk-merk lain.

Meskipun buatan dalam negeri, namun ternyata tidak kalah keren dengan merk-merk buatan luar negeri, seperti dari Jepang, Eropa dan juga Korea.

Nah penasaran kan, sebenarnya apa saja sih merk mobil buatan Indonesia, yuk simak artikel ini sampai selesai untuk menambah wawasanmu.

BACA JUGA:Kembalinya Isuzu Panther Reborn Sebagai Rajanya Diesel, Bikin Kompetitornya Panik!

Esemka

Merk mobil buatan Indonesia diurutan pertama ada Esemka, pasti kamu pernah mendengar merk mobil satu ini kan, karena memang sempat viral.

Esemka sendiri merupakan merk mobil nasional yang berada dibawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi, program merk mobil Esemka ini sudah dimulai sejak tahun 2007, dan merupakan sebuah proyek belajar siswa SMK di Solo, Jawa Tengah.

Kemudian pada tahun 2019, pabrik mobil Esemka diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, dan saat ini merk Esemka sudah memiliki dua jenis mobil, yaitu Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3.

BACA JUGA:Daftar Mobil 100 Jutaan untuk Keluarga, Ada Mobil Incaran Kamu Nggak?

Maleo

Mobil ini merupakan rancangan dari Presiden ketiga Indonesia, yaitu B.J Habibie, mobil ini dirancang sekitar tahun 1996 dan berpotensi sebagai mobil nasional pertama di Tanah Air.

Namun sayangnya proyek Maleo ini diberhentikan, karena pemerintah Indonesia lebih tertarik memproduksi mobil nasional bermerk Timor.

BACA JUGA:Ternyata Ini Kekurangan Suzuki Carry Pikap 2023, Pantas Saja Tidak Selaku Daihatsu GranMax!

Timor

Timor sendiri merupakan mobil karya Indonesia, yang pertama diproduksi oleh PT Timor Putra Nasional (TPN), dan pemiliknya adalah Hutomo Mandala Putra atau lebih dikenal Tommy Soeharto.

Nama Timor sendiri merupakan singkatan dari, Teknologi Industri Mobil Rakyat, dan pernah beroperasi selama kurang lebih 4 tahun, dari tahun 1996 sampai tahun 2000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: