Mengenal Lebih Jauh Apa yang dimaksud dengan Saham, Jenis-jenis Saham serta Keuntungan dan Risikonya

Mengenal Lebih Jauh Apa yang dimaksud dengan Saham, Jenis-jenis Saham serta Keuntungan dan Risikonya

Mengenal apa yang dimaksud dengan saham, jenis-jenis saham serta kerugian dan risikonya.-drobotdean - Freepik-

RADARPEKALONGAN – Mengenal apa yang dimaksud dengan saham merupakan langkah pertama yang penting bagi siapa pun yang tertarik dalam dunia investasi

Di masyarakat kita, baik dari kalangan muda Gen-Z hingga millenial, saham sering kali dipilih sebagai wadah investasi jangka panjang. Hal ini karena banyak investor yang tertarik dengan keuntungan yang ditawarkan oleh saham. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan saham? Dan bagaimana cara membeli saham? Simak artikel berikut ini untuk mengenal saham lebih jauh! 

Pengertian Saham 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan. 

BACA JUGA: Inilah Jenis Usaha yang Pasti Lolos Mendapat Pinjaman KUR, Usahamu Termasuk Nggak?

BACA JUGA: Mas Kawin Milenial, Pemuda Ini Beri Mahar Pernikahan Berupa 2.300 Lembar Saham

Saham, atau disebut juga efek atau stock, juga merupakan surat bukti kepemilikan seseorang atau badan usaha atas suatu perusahaan atau Perseroan Terbatas. 

Mudahnya, saham adalah tanda bahwa seseorang telah menanamkan modal ke suatu perusahaan.

Dari situ, orang yang sudah menanamkan modal akan berhak untuk mengklaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

Bukti kepemilikan ini bisa berupa lembaran-lebaran kertas dokumen yang disebut warkat, atau tanpa warkat yang merupakan pencatatan elektronik. 

Individu atau badan usaha pemegang saham yang namanya tertera pada warkat ini berhak mengklaim kepemilikan atas perusahaan yang ditanami modal dengan presentasi yang sesuai dengan nilai modal yang sudah diinvestasikan. 

Menerbitkan saham menjadi wadah bagi perusahaan untuk menampung dana segar atau modal yang bisa dijadikan sebagai pengembangan bisnis jangka panjang. 

BACA JUGA: Inilah Jenis Usaha yang Pasti Lolos Mendapat Pinjaman KUR, Usahamu Termasuk Nggak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: