Geledah Kamar Napi, Petugas Lapas Pekalongan dan BNN Tak Temukan Narkoba dan HP

Geledah Kamar Napi, Petugas Lapas Pekalongan dan BNN Tak Temukan Narkoba dan HP

Petugas Lapas Pekalongan dan BNNK Batang menggeledah kamar napi di Lapas Pekalongan, Kamis malam (9/11/2023).-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN - Petugas Lapas Kelas IIA Pekalongan bersama petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten Batang (BNNK Batang) melakukan razia di kamar yang dihuni para warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi) setempat, Kamis malam (9/11/2023).

Razia ini dilakukan dalam rangka mencegah dan menekan peredaran barang terlarang di dalam lapas, baik itu handphone, narkoba, maupun barang terlarang lainnya. 

Tujuannya adalah untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas serta mencegah adanya peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam lapas. Apalagi, sebagian besar napi penghuni Lapas Pekalongan adalah napi kasus narkoba.

Dalam razia di Lapas Pekalongan ini, petugas gabungan menyasar blok-blok hunian para napi. Kamar-kamar yang dihuni para napi digeledah, mulai dari kamar atau sel khusus napi narkoba, hingga blok santri Lapas Pekalongan. 

BACA JUGA:BNN dan Tim Gabungan Razia Dadakan di Lapas Pekalongan, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Berjanji Berantas HP, Pungli, dan Narkoba dalam Lapas

Satu persatu kamar-kamar tersebut digeledah, berikut barang-barang yang ada di dalamnya. Petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan badan dari para warga binaan pemasyarakatan atau napi setempat.

Setelah melakukan penggeledahan selama kurang lebih dua jam, petugas gabungan tidak menemukan handphone maupun narkoba. Namun, petugas menemukan beberapa barang yang dilarang. 

Di antara barang yang ditemukan antara lain korek api, sendok dan garpu logam, gelas dan piring dari kaca, pemotong kuku, obeng, botol kaca, kabel, dan beberapa barang yang dilarang lainnya. Barang-barang itu kemudian diamankan dan disita.

Selain menggeledah, petugas juga melakukan tes urine terhadap 15 napi. Mereka dipilih secara acak untuk melakukan tes urine. Tes urine ini dilakukan untuk mengetahui apakah para napi tersebut mengonsumsi narkoba atau tidak.

Kalapas Kelas IIA Pekalongan Asih Widodo mengatakan razia atau penggeledahan ini dilakukan secara rutin bersama APH (aparat penegak hukum). "Kali ini kita lakukan bersama BNNK Batang," katanya.

Kegiatan ini menurut Kalapas Asih Widodo dilakukan sebagai antisipasi masuknya barang-barang terlarang ke dalam kamar napi. Juga sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan Lapas Pekalongan zero halinar (hape, pungli, narkoba).

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Wujudkan Budaya Zero Halinar dan Tingkatkan Fasilitas Umum bagi WBP

BACA JUGA:Tanda Tangani Pakta Integritas, Kalapas Pekalongan Asih Widodo: Sudah Bukan Eranya Lagi Kita Minta Dilayani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: